SISTEM INFORMASI PENDAKIAN GUNUNG SEMERU DENGAN TEKNOLOGI QR CODE DAN RFID

KADEK INTEN SARI, 041211332106 (2016) SISTEM INFORMASI PENDAKIAN GUNUNG SEMERU DENGAN TEKNOLOGI QR CODE DAN RFID. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
8.52463.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keindahan alam Indonesia tidak diragukan lagi mendapat perhatian besar dari wisatawan asing. Menyediakan pemandangan laut, gunung, dan dataran yang indah membuat sektor pariwisata Indonesia mampu menyumbang US$ 10,69 miliar atau setara dengan Rp136 triliun melalui devisanya. Hal tersebut menjadikan sektor pariwisata andalan pendapatan negara. Pendakian gunung merupakan salah sektor pariwisata yang menarik di Indonesia. Tidak hanya didaki oleh wisatawan lokal, namun gunung-gunung Indonesia menarik wisatawan asing untuk menaklukannya. Hal ini menyebabkan perlu adanya perhatian lebih terhadap kenyamanan dan keselamatan selama pendakian gunung di Indonesia. Sehingga perlu dirancang suatu sistem yang lebih terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi QR Code, Operational Information Systems (OIS), dan Radio Frequency Identification (RFID), agar nantinya dapat memperkecil angka kecelakaan saat pendakian. Penelitian ini mengusulkan rancangan sistem dimulai dari pendaftaran sampai pengawasan operasional. Hasil penelitian adalah memberikan usulan sistem untuk mengintegrasikan pendakian mulai dari pendaftaran hingga pengawasan operasional pendakian. Selain itu melalui penelitian ini diketahui bahwa, ketika terdapat ketidaksesuaian perjalanan pendakian maka akan dilakukan Search and Rescue (SAR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 268-16 Sar s
Uncontrolled Keywords: Operational Informations System (OIS), Pendaftaran, Pengawasan,QR Code, Radio Frequency Identification (RFID).
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
KADEK INTEN SARI, 041211332106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorA. A. Gde Satia UtamaUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 06 Feb 2017 21:19
Last Modified: 13 Jun 2017 17:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52463
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item