YUYUN TRIYUNIARTI, 079314136
(2000)
GURU SD : Studi Deskriptif tentang Makna Guru SD
Dalam Menjalankan Perannya di Sekolah.
Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Guru senantiasa memlliki pola tingkah laku yang diharapkan masyarakat Namun pada kenyataannya pola tingkah laku ini berbeda antar individu guru Hal ini tergantung pada bagaimana guru memaknakan perannya sendiri. Permasalahan tersebut yang menjadi fokus utama penelitian ini. Penelitian ini juga akan mengungkap bagaimana makna guru dilihat dari sudut pandang siswa dan orangtua, yang kemudian dapat mendukung permasalahan selanjutnya tentang bagaimana interaksi sosial guru dllingkungan sekolah, yaitu antara guru dan kepala sekolah, antara guru dan guru, serta antara guru dan Siswa. Asumsi dasar yang digunakan dalam penelilisn ini adalah teori interaksionis simbolik oleh Blumer, yakni manusia bertindak terhadap sesuatu atas dasar makna-makna yang dimiliki sesuatu itu bagi mereka; makna-makna itu merupakan hasil interaksi sosial dalam masyarakat manusia; makna-makna dimodifikasi dan ditangani melalui suatu proses penafsiran yang digunakan oleh setiap individu dalam katerlbattannya dengan tanda-tanda yang dihadapinya
Actions (login required)
|
View Item |