PENGARUH DIVERSIVIKASI TERHADAP KEMUNGKINAN FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA (Studi Kasus Perusahaan manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2013)

INAYAH AINUN PRATIWI NUR PUTRI, 041112345 (2016) PENGARUH DIVERSIVIKASI TERHADAP KEMUNGKINAN FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA (Studi Kasus Perusahaan manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2013). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
B. 225-16 Put p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalsis dampak dari diversifikasi perusahaan terhadap kemungkinan terjadinya financial distress yang terjadi pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Financial distress merupakan kondisi dimana suatu perusahaan menghadapi masalah kesulitan keuangan sebelum perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan ataupun likuidasi. Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya financial distress perusahaan biasanya melakukan strategi diversifikasi yang dikenal dengaan teori efek coinsurance. Penelitian ini menggunakan diversifikasi yang diukur dengan menggunakan 2 proksi yaitu jumlah segmen usaha dan indeks herfindhal sebagai variabel dependen dengan menggunakan dummy, dan loss, TDTA, CFTA serta market-to-book sebagai variabel kontrolnya. Populasi penelitian ini ialah perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di BEI periode 2009-2013. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan teknik analisis yang digunakan adalah pengujian regresi logistik berganda (α = 10%). Sampel yang digunakan sebanyak 109 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diversifikasi memiliki pengaruh negatif terhadap kemungkinan terjadinya financial distress. Selanjutnya loss, TDTA, dan market-to-book memiliki pengaruh positif terhadap kemungkinan terjadinya financial distress, sedangkan CFTA tidak memiliki pengaruh terhadap kemungkinan terjadinya financial distress.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 225-16 Put p
Uncontrolled Keywords: Financial distress, diversifikasi, loss, CFTA, TDTA, market-to-book, teori efek coinsurance
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
INAYAH AINUN PRATIWI NUR PUTRI, 041112345UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri Ismiyanti, Dr. , SE,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 09 Feb 2017 23:26
Last Modified: 09 Feb 2017 23:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52654
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item