PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINT DALAM MBNGIDENTIFIKASI KENDALA UNTUK MENINGINGKATKAN THROUGHPUT PERUSAHAAN

AWANGGA GESANG WIJAYA, 049912604 (2004) PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINT DALAM MBNGIDENTIFIKASI KENDALA UNTUK MENINGINGKATKAN THROUGHPUT PERUSAHAAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 2642-04 Wij p.pdf

Download (523kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam upaya meneruskan usaha di pasar transisi saat ini. perusahaan manufaktur didorong untuk menyediakan produk.produk yang beragam dan berkualitas tinggi serta kemampuan untuk mengirim lebih cepat. Tanpa perbaikan terus-meneros yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut. perusahaan beIjuang untuk mempertahankan kemampuan bersaingnya. The Theory of Constraints mendorong upaya perbaikan teros-meneros secara efektif yang mempengaruhi kinetja perusahaan secara keseluruhan dalam upaya mempertahankan kemampuan bersaing. Kenyataannya. sebuah perusahaan akan mengalami peningkatan kineIja yang cukup besar dalam jangka waktu yang relatif cepat dengan melakukan penerapan sistem TOC secara strategis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sedangkan lingkup pembahasannya hanya ditujukan untuk mengidentifikasi kendala dalam upaya meningkatkan throughput perusahaan pada proses produksi PT. Karya Makmur Sentosa khususnya untuk unit produksi rak TV tipe MA-303 dan MA-33. PT. Karya Makmur Sentosa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang furnitur dengan menggunakan bahan baku berupa partikel. Kendala yang dihadapi oleh PT. Karya Makmur Sentosa adaIah ketidakmampuan untuk memenuhi seluruh permintaan pasar yang disebabkan karena adanya keterbatasan sumber daya perusahaan yaitu kapasitas produksi pada mesin edge banding. Kapasitas produksi pada mesin edge banding sebesar 52.080 menit sedangkan kapasitas yang dibutuhkan untuk memenuhi seluruh permintaan pasar adalah 60.000 menit. Dengan memaksimumkan pemanfaatan mesin ini, didapat keputusan bahwa bauran produk optimal adalah 5.000 unit MA-303 dan 1.397 unit MA·33. peningkatan throughput dati bauran produk ini sebesar Rp. 99.082.000,00. Namun kendala masih temp ada pada mesin edge banding, maka dari itu perusahaan disarankan untuk meningkatkan kualitas pada bottleneck serta melakukan usaha outsourcing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 2642/04 Wij p file fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINT DALAM MBNGIDENTIFIKASI KENDALA UNTUK MENINGINGKATKAN THROUGHPUT PERUSAHAAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
AWANGGA GESANG WIJAYA, 049912604UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMOHAMAD NASIH, Drs.. MT,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Feb 2017 18:52
Last Modified: 16 Feb 2017 18:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52895
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item