PROFIL DAN DETERMINAN KERENTANAN KEMISKINAN RUMAH TANGGA DI INDONESIA

ADNYANI,ACHINTYA WIDHI, 041211133062 (2016) PROFIL DAN DETERMINAN KERENTANAN KEMISKINAN RUMAH TANGGA DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (324kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konsep kerentanan kemiskinan muncul karena adanya guncangan sebagai suatu dimensi penting dari kemiskinan. Keberadaan guncangan menyebabkan ketidakamanan pada kesejahteraan rumah tangga. Pengukuran kerentanan kemiskinan ini mengukur besarnya probabilitas rumah tangga untuk jatuh miskin di masa mendatang. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat kerentanan kemiskinan dan mengkaji determinannya berdasarkan data survei rumah tangga di Indonesia. Data sampel yang digunakan merupakan data sekunder dari IFLS 5 (Indonesia Family Live Survery) tahun 2014. Pengukuran kerentanan kemiskinan menggunakan Three Stage FGLS (Feasible Generalized Least Square), sedangkan analisis determinannya menggunakan metode regresi logit. Hasil studi ini menunjukkan bahwa Provinsi Lampung, DKI Jakarta, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat memiliki rata-rata nilai kerentanan kemiskinan tinggi. Bahkan, Lampung menjadi provinsi yang paling rentan pada tahun 2014. Selain itu, dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa usia kepala rumah tangga, ukuran rumah tangga, pendidikan kepala rumah tangga, kepemilikan tabungan, kepemilikan tanah, dan lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai kerentanan kemiskinan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKb KK-2 c 154 16 Adn p
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Kerentanan Kemiskinan, Three Stage FGLS, Logit, Indonesia.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Creators:
CreatorsNIM
ADNYANI,ACHINTYA WIDHI, 041211133062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilik Sugiharti, Dr Se MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 16 Feb 2017 20:24
Last Modified: 16 Feb 2017 20:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52921
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item