PENGARUH VARIASI DOSIS DAN FREKUENSI PEMBERIAN PROBIOTIK PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN SERTA MORTALITAS UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

ERICK FERNANDO, 081211433008 (2016) PENGARUH VARIASI DOSIS DAN FREKUENSI PEMBERIAN PROBIOTIK PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN SERTA MORTALITAS UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB 77-16 Fer p.pdf-Abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
MPB 77-16 Fer p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi dosis dan frekuensi pemberian probiotik pada pakan terhadap petumbuhan dan mortalitas udang vaname (Litopenaeus vannamei). Penelitian ini bersifat ekperimental dengan menggunakan rancangan faktorial 5x2 dan enam kali ulangan. Penelitian ini terdiri atas perlakuan kontrol dan perlakuan variasi dosis probiotik 0 mL/kg pakan,6 mL/kg pakan,8 mL/kg pakan,10 mL/kg pakan, dan 12 mL/kg pakan), yang diberikan pada udang vaname dengan frekuensi yang berbeda (1 dan 2 minggu sekali). Bakteri probiotik yang dipakai terdiri atas Lactobacillus plantarum, Lactobacillus fermentum, Bacillus subtilis, Bacillus licheniformis, Bacillus megaterium, Nitrobacter sp., dan Nitrosomonas sp. Variabel terikat pada penelitian ini adalah berat udang, panjang udang, mortalitas, dan nilai konversi pakan. Data pengamatan berupa pertambahan berat, panjang tubuh mortalitas dan nilai konversi pakan. Data mortalitas dan nilai konversi pakan dianalisis secara deskriptif, sedangkan data pertambahan berat dan panjang tubuh udang vaname dianalisis secara statistik menggunakan uji Kolmogorov-Smirnow dan uji Levene test. Hasil uji tersebut menunjukkan data normal dan homogen. Maka dilakukan uji Two Ways ANOVA (Analysis Of Varians) dengan derajat signifikansi 5%. Selanjutnya dilakukan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) untuk membandingkan beda antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi dosis berpengaruh terhadap pertambahan berat dan panjang tubuh udang vaname (Litopenaeus vannamei), sedangkan frekuensi pemberian dan kombinasi variasi dosis dan frekuensi pemberian probiotik yang berbeda tidak berpengaruh terhadap pertambahan berat dan panjang tubuh udang vaname (Litopenaeus vannamei). Hasil terbaik ditunjukkan pada variasi dosis 10 mL/kg pakan dan frekuensi pemberian probiotik 1 minggu sekali dengan nilai rerata berat udang vaname sebesar 7,567 ± 0,407 gram/ekor, panjang sebesar 10,443 ± 0,407 cm/ekor, mortalitas sebesar 25%, dan nilai FCR sebesar 0,66.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 77-16 Fer p
Uncontrolled Keywords: Vaname shrimp (Litopenaeus vannamei), growth, probiotic, mortality
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
ERICK FERNANDO, 081211433008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Nurhariyati, S.Si., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorSugiharto, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Feb 2017 22:36
Last Modified: 17 Feb 2017 22:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52991
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item