EFEK MODERASI SITUATIONAL CHARACTERISTICS DAN GENDER PADA IMPULSE BUYING

ERVINA PUSPITA DEWI, 041211231092 (2016) EFEK MODERASI SITUATIONAL CHARACTERISTICS DAN GENDER PADA IMPULSE BUYING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
53055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pergeseran perilaku konsumen dari ritel tradisional ke ritel modern mempermudah bisnis ritel modern untuk berkembang. Hal tersebut mengakibatkan persaingan bisnis ritel modern yang semakin ketat yang memaksa para pemasar memahami perilaku konsumen di dalam toko ritel, salah satunya adalah impulse buying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store environmental characteristics pada respon emosi positif yang kemudian akan mendorong adanya perilaku impulse buying pada toko ritel modern. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana situational characteristic dan gender dalam memoderasi hubungan antara emosi positif dan impulse buying. Structural Equation Modelling (SEM) Partial Least Square (PLS) digunakan sebagai tehnik analisis data dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 214 responden merupakan pengunjung toko ritel modern yaitu Alfamart dan Indomaret yang telah ditentukan. Hasil temuan penelitian ini adalah bahwa emosi positif memiliki pengaruh terhadap perilaku impulse buying. Sedangkan store environmental characteristic tidak berpengaruh terhadap emosi positif konsumen. Situational characteristic baik time availability maupun money availability tidak memoderasi hubungan antara emosi positif dan impulse buying. Demikian pula dengan gender yang ditemukan tidak memoderasi hubungan antara emosi positif dan impulse buying. Temuan pada penelitian ini berguna bagi pemasar terutama pemilik ritel modern untuk berfokus dalam meningkatkan strateginya dengan meningkatkan diferensiasi pada toko ritelnya sehingga memicu perilaku konsumen yaitu impulse buying dan berdampak pada peningkatan penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 311-16 Dew e
Uncontrolled Keywords: Impulse Buying, Store Environmental Characteristic, Emosi Positif, Situational Characteristic, Gender, ritel modern
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ERVINA PUSPITA DEWI, 041211231092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGancar Candra Premananto, Dr. SE,. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Feb 2017 22:19
Last Modified: 21 Jun 2017 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53055
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item