ELDIAZ NAINGGOLAN, 040610616 (2014) PENGARUH SELF-RELATED DAN SOCIAL-RELATED MOTIVATION TERHADAP INTENTION TO REPLAY PADA ANGGOTA KOMUNITAS POINT BLANK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2014-nainggolan-30575-5.abstr-i.pdf Download (85kB) | Preview |
|
Text (Fulltext)
Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) | Request a copy |
Abstract
Komunitas virtual produk merupakan salah satu media yang dapat memengaruhi niat konsumen untuk mengambil keputusan di masa yang akan datang, dimana niat tersebut memainkan peran penting dalam menentukan loyalitas perilaku konsumen terhadap merek produk tertentu. Pada penelitian ini, anggota komunitas virtual online games dengan jenis FPS (first-person shooter) menjadi obyek penelitian dengan motivasi pribadi dan sosial dalam diri mereka sebagai variabel bebas, sehingga penelitian ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi pribadi dan motivasi sosial terhadap niat untuk bermain pada anggota komunitas Point Blank. Responden penelitian adalah anggota komunitas Point Blank yang aktif dalam forum komunitas permainan tersebut. Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah motivasi pribadi (kesenangan, pelarian, pengetahuan, dan penghargaan diri) dan motivasi sosial (afiliasi sosial, jaringan, dan status sosial) anggota komunitas yang merupakan variabel bebas, dan niat untuk bermain sebagai variabel terikat. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa niat untuk bermain online game dengan jenis FPS (first-person shooter) tersebut, terbukti signifikan dipengaruhi oleh kesenangan anggota, pengetahuan tentang permainan, penghargaan diri anggota, hubungan antar anggota, afiliasi sosial atau jaringan yang terbentuk dalam komunitas, dan status sosial atau keberadaan anggota dalam komunitas tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 84/14 Nai p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | hari | ||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2014 12:00 | ||||||
Last Modified: | 30 Aug 2016 08:01 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5307 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |