PENGARUH PEMBERIAN TRIAKONTANOL TERHADAP PRODUKSI TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.) var. Tanjung-2

CATUR BUDI SANTOSO, 080810602 (2016) PENGARUH PEMBERIAN TRIAKONTANOL TERHADAP PRODUKSI TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.) var. Tanjung-2. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB 82-16 San p ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB 82-16 San p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh triakontanol terhadap produksi tanaman cabai merah (Capsicum annum L.) varietas Tanjung-2. Penelitian ini menggunakan zat pengatur tumbuh triakontanol dengan variasi konsentrasi 0; 0,1; 0,2; 0,3 dan 0,4 ppm yang diberikan melalui penyemprotan daun pada tanaman umur 5 dan 7 minggu setelah tanam (MST). Pengamatan mengenai pertumbuhan tanaman dilakukan dengan pengukuran tinggi tanaman, serta penghitungan jumlah daun per tanaman pada umur 3, 5, 7, 9 dan 11 MST. Pengamatan produksi meliputi jumlah bunga per tanaman, jumlah buah per tanaman, panjang buah, diameter buah, bobot buah pertanaman dan warna buah. Data diuji statistik normalitas dan homogenitas Kolgorov-Smirnov, ANOVA satu arah dan uji Duncan dengan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa triakontanol tidak berpengaruh terhadap tinggi tanaman, panjang buah, diameter buah dan warna buah. Tetapi triakontanol berpengaruh terhadap peningkatan jumlah daun, jumlah bunga, jumlah buah dan bobot buah pertanaman. Variasi konsentrasi triakontanol yang diberikan dengan kombinasi pupuk NPK 4 gr/L berpengaruh nyata terhadap jumlah daun, jumlah bunga dan buah pertanaman serta bobot buah pertanaman. Konsentrasi triakontanol yang optimal untuk produksi cabai merah (Capsicum annum L.) adalah 1 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 82/16 San p
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD194-195 Environmental effects of industries and plants
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
CATUR BUDI SANTOSO, 080810602UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJunairiah, Dr., S.Si., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 20 Feb 2017 19:53
Last Modified: 17 Jul 2017 18:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53117
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item