PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN

ALDINO INDRA HIMAWAN, 030010740U (2004) PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
53321.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

a. Konstruksi hukum perjanjian pembiayaan konsumen yaitu pada dasarnya merupakan perjanjian utang-piutang, tetapi ada keistimewaannya, karena diikuti adanya jaminan fidusia, yang menyebabkan pihak kreditur (perusahaan pembiayaan konsumen) mempunyai hak-hak khusus manakala debitur wanprestasi seperti yang diatur dalam Undang-undang No.42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia. b. Akibat hukum yang ditimbulkan apabila debitur wanprestasi yaitu pihak kreditur PT. ASF berhak menagih seketika dan sekaligus oleh kreditur (PT.ASF), melakukan tindakan eksekusi berupa penyitaan kendaraan, tanpa memerlukan pemberitahuan, teguran, atau tagihan dari kreditur atau juru sita pengadilan atau pihak yang lain yang ditunjuk oleh kreditor. Hal ini berdasarkan UU No. 42 / 1999 Pasal 15 ayat (2) yang menyebutkan bahwa, "Sertifikat Jaminan Fidusia sebagai mana dimaksud dalam ayat (1) mempunyai kekuatan hukum eksekutorial yang sarna dengan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB Per 170/05 Him p (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Creators:
CreatorsNIM
ALDINO INDRA HIMAWAN, 030010740UUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorANSOR OEMAR WONGSODIWIRJO, SHUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 22 Feb 2017 17:32
Last Modified: 03 Jul 2017 18:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53321
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item