UJI AKTIVITAS SITOTOKSIK EKSTRAK METANOL DAUN SAMBUNG NYAWA (GYNURA PROCUMBENS (LOUR) MERR) PADA KULTUR SELL MIELOMA MENCIT DENGAN METODE VIABILITAS SEL.

AGUSTINA RAMADHANY, 059711924 (2002) UJI AKTIVITAS SITOTOKSIK EKSTRAK METANOL DAUN SAMBUNG NYAWA (GYNURA PROCUMBENS (LOUR) MERR) PADA KULTUR SELL MIELOMA MENCIT DENGAN METODE VIABILITAS SEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk FF 85.02 Ram u.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai negara yang memjllki kekayaan flora flomOT dlla terbesar di duwia, Indonesia diyakini memiliki berbagai ma,am tanaman obat ternmsllk untuk pengolJatan kanker. Sampai saa! ini kauker masih menduduki penyebab kcmatian kedua leroesm-didunia, iicdangkan di Indon..::sia ;:;endiri kankcr menempati rangking ketmpat. Walaupun usaha pengobatan ptnyakit kanket tdah banyak dilakukan, tetapi hasilnya hjngga saat ini belum ditcmukan oOOt yang dapat mengatasi penyakit tersebut secara memuaskan. Sehlllgga hai ini yang rnendomng orang melakukan pengobatan dengan mcngglmakan bahan alam (Back to nature). Tdab bauyak di!akukan penelitian dalarn pengobatan tradisiona! salah slitunya menggullakall lanaman Gynura pm(:umbef/!). (Loue) :"1err, Untuk melak'1lkan peuelilian ianjutall drui tanaman G)NlIIftJ pmcHmb<!M (Lour.) MelT. ini, maka dilakukan pcnclitian yailu. Uji Aklivitas Sitotoksik Ekstrak Metllno} »ann Sam bung nyawa ( Gyl'lUI'U procumbens("Luur.j MelT, ) pada l<uHur Set Mieloma Mencit. Pengujian aktivita~ sitotoksik dilakukfm dengan me1.00e viatilitas se} menggunakan pewarnaan iripan bim untuk membedakan antam sel mati dan sel hid up_ Sel midoma diper(lieh dengan cara dibiakkan dalam media RPMi ;640 ditambah Foetal Bvvine Serum 10 ~i~ dan diinknbasi daiall1 inkubal0r ('02 pada suhu '37°(' sampai dldapat jumiah yang sesuai Hmu)'" perlakuatL Pengamalan aktivitas sliOloksik tcrhadap kultur sel midoma melle!! dilakukan selama 24jam.Hasil yallg didapat dianalisis dengan uji Anl1v(i ~atu araJl oen!;aIl prugmm SPSS 10.0 dan dengall anal isis probi[ untuk mengctalmi harga LeSt nya. Dan hasi! penelitian didapatkan harga 17 hitung "" 33,336, llasil F hitung tersebut lebih besar dari hargn F tabel = 3,63 pada derajat kepercayaan 95 %. Kemudian untuk mengetahui perbedaan yang bennakna dllakllkan uji LSD, Dan dilakukan pula analisis probit untuk mengetahui harga LC5c, yaitu diperoich LC,(J =893,02 eglml.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FF 85-02 Ram u FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: SAMBUNG NYAWA; VIABILITAS SEL
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
AGUSTINA RAMADHANY, 059711924UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUKARDIMAN, Drs. Apt.MSUNSPECIFIED
Thesis advisorAbdul RahmanUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 22 Feb 2017 21:35
Last Modified: 22 Feb 2017 21:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53382
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item