GITA YUNIATI
(2005)
EVALUASI PELAKSANAAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENILAI EFEKTITAS FUNGSI PENJUALAN PRODUK FLEXI PADA PT.TELKOM SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Semakin luasnya Imgkup dan ukuran perusahaan mengakibatkan di dalam banyak hal management tidak dapat melakukan pengendalian secara langsung atau secara pribadi terhadap jalannya suatu perusahaan. Perllsahaan dituntut untuk dapat menjalankan operasinya secara efektif dan efisien agar dapat bersaing dengan perllsahaan lain. Salah satu faktor dalam mencapai efisiensi dan efektifitas adalah dengan melaksanakan Audit Operasional. Agar kegiatan penjualan tetap efektif diperlukan pengawasan dan pengevaluasian oleh manajemen melalui Audit Operasional. Audit Operasional merupakan teknik untuk mengevaluasi keefektifan prosedur kegiatan penjualan, sehingga dengan dilaksanakan Audit Operasional pada fungsi penjualan diharapkan dapat membantu manajemen dalam mengevaluasi efektifitas kegiatan penjualan.
Adanya pengawasan dan pengevaluasian secara terus menerus dari pihak manajemen dengan menggunakan Audit Operasional sebagai suatu teknik pengendalian yang dapat membantu manajemen dengan menetapkan metode untuk mengevaluasi efektifitas prosedur kegiatan untuk mencapai tujuan perusahaan. Audit Opersaional adalah suatu jenis audit yang mempunyai tujuan untuk menilai efektivitas suatu bagian, divisi maupun depatemen dan melakukan penelaan atas bagian maupun dari prosedur dan metode operasi suatu organisasi. Audit Operasional berorentasi pada kinerja operasi perusahaan untuk masa mendatang dan berarti juga membantu meningkatkan manajemen oleh karena itu Audit Operasional perlu di laksanakan secara periodik.
Dalam skripsi ini berdasarkan data yang telah ditemukan oleh Internal Audit dapat diketahui bahwa pada PT Telkom khususnya pada Divisi Flexi selama ini telah melaksanakan kegiatan promosi. Dalam pelaksanaan Audit Operasional pada Divisi Flexi yang dilaksanakan oleh Internal Audit PT Telkom, ditemukan beberapa kelemahan didalam pelaksanaan Audit Operasional pada fungsi penjualan meliputi temuan audit dalam unsur-unsur bauran pemasaran seperti prod uk, harga, distribusi, promosi pada penjualan.
Berdasarkan temuan tersebut, pelaksanaan Audit Operasional diharapkan dapat membantu manajemen dalam menindak lanjuti dan memperbaiki sehingga dapat meningkatkan efektifitas kegiatan penjualan yang telah ada.
Actions (login required)
|
View Item |