DETEKSI KELAINAN PADA CRANIUM MANUSIA DALAM LINGKUP FOTOGRAFI FORENSIK DENGAN SINAR INFRAMERAH (IR), ULTRAVIOLET (UV), DAN CAHAYA NORMAL UNTUK KEPENTINGAN INDIVIDUALISASI

RIZKY SUGIANTO PUTRI, 091414653006 (2016) DETEKSI KELAINAN PADA CRANIUM MANUSIA DALAM LINGKUP FOTOGRAFI FORENSIK DENGAN SINAR INFRAMERAH (IR), ULTRAVIOLET (UV), DAN CAHAYA NORMAL UNTUK KEPENTINGAN INDIVIDUALISASI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
53395 A.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI & LAMPIRAN)
daftar isi & lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Sinar inframerah dan ultraviolet termasuk bagian dari gelombang elektromagnetik, yang dapat menampilkan invisible spectrum pada mata manusia. Oleh karena itu sinar inframerah dan ultraviolet sering dimanfaatkan dalam lingkup fotografi forensik, sebagai sumber cahaya alternatif (Alternate Light Source). Namun penggunaan kedua sinar tersebut masih terbatas pada beberapa objek, seperti kulit manusia, kain, kertas, dan tanah saja. Sebagai seorang Antropolog yang mempelajari bidang fotografi, pengembangan teknik ALS pada media lain, yakni tulang manusia dilakukan. Teknik ALS pada tulang masih belum banyak diteliti di luar negeri, dan belum pernah dilakukan di Indonesia. Tujuan: Pengembangan teknik ALS untuk mencari kelainan pada cranium manusia, dengan menggunakan modifikasi filter kamera DSLR. Bahan dan Metode: Bahan yang digunakan adalah: (1) 11 cranium manusia; (2) DSLR Nikon D3100; (3) filter ultraviolet (4) tripod Excell Platinum; (5) mini Studio dengan latar belakang hitam; (6) lampu neon ultraviolet; (7) lampu LED inframerah; (8) skala pengukuran; dan (9) clay hitam. Metode yang dilakukan adalah dengan mengambil foto dari 11 cranium dalam lima norma, yaitu norma frontalis, lateralis (kanan dan kiri), occipitalis, vertikalis, dan basilaris. Pengambilan foto dilakukan dengan memaparkan flash,sinar ultraviolet, dan sinar inframerah. Setelah itu foto disunting menggunakan program Adobe Photoshop, untuk diamati serta dianalisis lebih lanjut. Hasil dan Diskusi: Berdasarkan pengamatan pada 11 cranium, ditemukan sebanyak 32 temuan kelainan. Temuan tersebut meliputi: (1) kelainan pada cranium seperti porotic, truma, dan penipisan permukaan cranium; (2) kelainan pada gigi, seperti atrisi, karies, calculus; (3) perbedaan struktur permukaan cranium; (4) perbedaan warna cranium; (5) modifikasi tulang, seperti akibat aktifitas hewan, pengelupasan periosteum, pemotongan calvaria; dan (6) kontak dengan benda asing, seperti sisa kertas perekat, sisa bahan perekat, lem rekonstruksi, benang, dan pasir. Simpulan: Sinar inframerah dapat digunakan untuk mendeteksi 5 jenis kelainan, sedangkan sinar ultraviolet dapat digunakan untuk mendeteksi 9 jenis kelainan. Oleh karena itu sinar ultraviolet dinilai lebih unggul dari sinar inframerah, sebagai deteksi kelainan pada cranium dengan teknik ALS menggunakan modifikasi filter kamera. Kata Kunci: Antropologi forensik, cranium, fotografi forensik, kelainan cranium, sinar inframerah, sinar ultraviolet, sumber cahaya alternatif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK-2 TIF.06-16 Put d
Uncontrolled Keywords: Antropologi forensik, cranium, fotografi forensik, kelainan cranium, sinar inframerah, sinar ultraviolet, sumber cahaya alternatif.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1001-1171 Forensic medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
T Technology > TR Photography > TR624-835 Applied photography
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
RIZKY SUGIANTO PUTRI, 091414653006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorToetik Koesbardiati, Dr. Phil., dra, DFMUNSPECIFIED
Thesis advisorAhmad Yudianto, Dr., dr.SpF,SH,M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 22 Feb 2017 20:27
Last Modified: 04 Jul 2017 18:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53395
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item