PENGARUH PEMBERIAN PERASAN UMBI AKAR LOBAK (Rapkanus sativus L.) TERHADAP GAMBARAN HISTOLOGI FOLIKEL KELENJAR TIROID TIIUS PUIIH (Rattus novergicus)

Slamet Wahyono, 088710482 (1995) PENGARUH PEMBERIAN PERASAN UMBI AKAR LOBAK (Rapkanus sativus L.) TERHADAP GAMBARAN HISTOLOGI FOLIKEL KELENJAR TIROID TIIUS PUIIH (Rattus novergicus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpb 449.95 wah p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tanaman lobak (Raphan'US sativ'US L.) telah lama diketahui sebagai salah satu sayuran yang disukai oleh masyarakat. Disamping sebagai sayuran tanaman lobak juga dapat dipakai sebagai obat tradisional, seperti obat batuk dan pelancar air susu. Senyawa 5-vinil-2-tiooksazolidin merupakan goitrogen aktif yang dapat menyebabkan pembesaran kelenjar tiroid dan senyawa ini terdapat dalam tanaman lobak. Penelitian ini menggunakan 16 ekor tikus putih (Rat.t.'US noversic'US) yang dibagi dalam empat kelompok dan tiap kelompok terdiri dari empat ekor tikus putih. Tiap kelompok diperlakukan dengan pemberian perasan umbi akar lobak kecuali kelompok kontrol. Kelompok P~ diberi perasan umbi akar lobak (1007.) 4 ml perhari, kelompok pz diberi perasan umbi akar lobak (1007.) e ml perhari dan kelompok Ps diberi perasan umbi akar lobak (1007.) 12 ml perhari. Setelah 28 hari perlakuan, kelenjar tiroid tikus putih diambil,.dibuat preparat dan dihitung jumlah folikel kelenjar tiroidnya di bawah mikroskop dengan pembesaran 400 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian perasan umbi lobak per-oral berpengaruh terhadap gambaran histologi kelenjar tiroid tikus putih, hal ini ditunjukkan dengan sedikitnya jumlah folikel kelenjar tiroid pada kelompok perlakuan, karena folikel kelenjar tiroid mengalami pembesaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 449.95 wah p
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Slamet Wahyono, 088710482UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Mas Loegito, Drs. , M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 26 Feb 2017 18:47
Last Modified: 26 Feb 2017 18:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53559
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item