ADI WIJAYA, 119910297
(2004)
PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL
ANAK JALANAN YANG MENGIKUTI KEGIATAN
PENDAMPINGAN DI RUMAH SINGGAH ALANG-ALANG
(Suatu Studi Kasus).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Anak jalanan merupakan golongan marginal di dalam masyarakat kita yang rawan terhadap adanya tekanan-tekanan yang mereka alami baik di lingkungan tempat mereka maupun di lingkungan tempat mereka bekerja. Kondisi semacam ini perlu mendapat perhatian lebih mengingat anak jalanan merupakan golongan remaja awal, dimana di dalam masa ini terdapat masa transisi antara anak-anak untuk menjadi dewasa. Aspek kecerdasan emosi menjadi sorotan penting di dalam penelitian ini, mengingat aspek ini berpengaruh terhadap bagaimana anak jalanan mengahadapi tekanan-tekanan yang dialaminya. Rumah singah hadir di dalam usahanya untuk menumbuh kembangkan kecerdasan emosi anak jalanan. Rumah singgah dianggap sebagai "sekolah kedua" bagi anak yang menawarkan materi dan metodologi yang berbeda dari sekolah formal pada umumnya.
Actions (login required)
|
View Item |