KEBIJAKAN EKONOMI KOREA DAN CHINA PADA ERA KRISIS EKONOMI ASIA: SUATU PERBANDINGAN EKONOMI POLITIK(1997-2001)

Esthy Wikasanti, 079815819 (2003) KEBIJAKAN EKONOMI KOREA DAN CHINA PADA ERA KRISIS EKONOMI ASIA: SUATU PERBANDINGAN EKONOMI POLITIK(1997-2001). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KK HI 12.04 WIK K(2004).pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Krisis ekonomi merupakan suatu fenomena ekonomi politik yang menyerang wilayah Asia pada pertengahan 1997 sebagai akibat dari menurunnya nilai tukar mata uang beberapa negara di Asia terhadap dollar atau krisis finansiaL Penulisan ini berusaha mengetahui dan membandingkan penyebab serta bentuk penularan krisis yang dialami Korea dan China, serta usaha pemerintah kedua negara dalam mengatasinya. Penelitian ini menggunakan level analisis sistemik dan negara-bangsa untuk menganalisa seberapa jauh pengaruh krisis Asia terhadap perekonomian kedua negara. Sedangkan untuk menjelaskan pengaruh tersebut, Penulis menggunakan teori contagion effect, teori kebijakan ekonomi, teori interdependensi, serta konsep exchange rate. Dengan dasar pemikiran tersebut, Penulis mengajukan hipotesis bahwa Korea mengalami krisis yang lebih parah daripada China karena sistem pertukaran mata uang yang mengandalkan pada kekuatan pasar dan kebijakan pemerintah, yang diperburuk oleh kelemahan struktural dalam sektor korporasi dan finansial, dan diatasi dengan melaksanakan kebijakan kompetisi dalam kerangka kebijakan makroekonomi. Sedangkan China menganut sistem pertukaran mata uang yang ditetapkan oleh pemerintah, juga mengalami kelemahan struktural dalam sel..1or korporasi dan finansialnya, namun dapat mengatasi efek negatif penyebaran krisis ekonomi Asia melalui pelaksanaan kebijakan regional. Data dan keterangan yang diperoleh mendukung kebenaran hipotesis yang diajukan penulis, namun hanya dalam jangka waktu 1997-1998, karena secara global Korea dan China mampu mengatasi efek negatif dan krisis ekonomi Asia terhadap pertumbuhan ekonomi kedua negara tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 12-04 Wik k
Uncontrolled Keywords: ECONOMY CRYSIS
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K4700-4705 Government measures in time of war, national emergency, or economic crisis
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Esthy Wikasanti, 079815819UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDHj.Lilik Salamah, Dra. MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 27 Feb 2017 00:06
Last Modified: 27 Feb 2017 00:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item