ANALISIS TINGKAT PAPARAN RADIASI DI AREA SETINGGI MATA DOKTER OPERATOR SELAMA PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK CORONARY ANGIOGRAPHY DI RUANG CATHLAB INSTALASI DIAGNOSTIK DAN INTERVENSI KARDIOVASKULER RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA

DEVI APRILIA PRIMANINGTYAS, 151510383032 (2016) ANALISIS TINGKAT PAPARAN RADIASI DI AREA SETINGGI MATA DOKTER OPERATOR SELAMA PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK CORONARY ANGIOGRAPHY DI RUANG CATHLAB INSTALASI DIAGNOSTIK DAN INTERVENSI KARDIOVASKULER RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.RD.11-16 Pri a abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV.RD.11-16 Pri a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kardiologi Intervensi merupakan salah satu tindakan intervensional. Paparan radiasi pada kardiologi intervensi dapat memberikan efek biologis pada pasien dan pekerja yaitu efek deterministik dan stokastik. Salah satu organ yang menerima kemungkinan efek deterministik adalah mata. Untuk mengetahui kemungkinan katarak tersebut adalah melakukan pengukuran tingkat paparan radiasi di area setinggi mata pekerja radiasi dengan menggunakan alat ukur radiasi. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui besar tingkat paparan radiasi di area setinggi mata dokter operator selama pemeriksaan diagnostik coronary angiography di ruang cathlab. Penelitian ini dilakukan di ruang Cathlab pada pesawat Angiography GE Innova 2100 IQ menggunakan alat ukur survey meter Thermo Scientific FH 40 G-L dengan faktor kalibrasi 1,15. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan pengukuran tingkat paparan radiasi di area setinggi mata dokter operator dengan menggunakan survey meter secara langsung pada satu titik posisi dokter operator dengan jarak 80 cm dari sumber radiasi dan setinggi mata dokter operator dengan jarak 150 cm dari lantai diukur menggunakan convex scale. Pengukuran dilakukan pada variasi proyeksi selama pemeriksaan diagnostic coronary angiography antara lain: PA-Cranial, LAO-Cranial, LAO-Caudal, RAO-Cranial, RAO-Caudal, RAO, dan LAO. Selain itu, peneliti juga mengambil data penunjang pada workstation GE 2100 IQ berupa data pemeriksaan diagnostic coronary angiography mulai bulan Mei hingga 13 Juni 2016. Pengukuran tingkat paparan radiasi di area setinggi mata dokter operator selama pemeriksaan diagnostic coronary angiography didapatkan pada sampel A sebesar 15,34 μSv selama 69,17 detik (1 menit 9,17 detik dan sampel B sebesar 25,11 μSv selama 46 detik. Pada data penunjang dalam pemeriksaan diagnostic coronary angiography bulan Mei-13 Juni 2016 diperoleh 9 data pemeriksaan diagnostic coronary angiography pada dua operator berbeda (7 pasien operator A, 2 pasien operator B). Data tersebut menunjukkan total dosis, DAP (Dose Area Product) dan fluoroscopy time pada operator A lebih tinggi dibandingkan dengan operator B. Dari hasil tersebut didapatkan bawa tingkat paparan radiasi di area setinggi mata dokter operator selama pemeriksaan diagnostic coronary angiography yang diperoleh tidak melebihi dari Nilai Batas Dosis (NBD) yaitu 75 μSv/jam. Selain itu, Waktu fluoroskopi yang diperlukan lebih cepat dibandingkan dengan data pemeriksaan pada bulan Mei-13 Juni 2016. Dan selama pemeriksaan diagnostic coronary angiography, dokter dan tim selalu menggunakan alat proteksi diri seperti apron, pelindung tiroid, kacamata Pb, dan kaca tabir. Kata kunci: paparan, tingkat paparan, paparan radiasi, radiasi area mata, radiasi intervensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FV.RD.11-16 Pri a
Uncontrolled Keywords: paparan, tingkat paparan, paparan radiasi, radiasi area mata, radiasi intervensi.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D4 Alih Jenjang Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
DEVI APRILIA PRIMANINGTYAS, 151510383032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoegardo I.P., B.Sc.,SE,UNSPECIFIED
Thesis advisorLailatul Muqmiroh, dr., Sp.Rad(K),UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Feb 2017 01:30
Last Modified: 28 Feb 2017 01:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53679
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item