PENYESUAIAN SOSIAL REMAJA AWAL DI KELAS AKSELERASI (Studi Kasus pada Siswa SMP Negeri I Surabaya)

DINA NASTITI, 119910335 (2004) PENYESUAIAN SOSIAL REMAJA AWAL DI KELAS AKSELERASI (Studi Kasus pada Siswa SMP Negeri I Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK 005 a.04 NAS P-min.pdf

Download (60kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Penclitian illi dilakukan dengan tujuan untllk :nengetahui ~mpak dari sistern kdas aksderasi terhadap pemenuhan kebutuhan siswa untuk berafiEasL mengl'tanui pro~s pcnycsuaian sosial siswa ~el<is akselerasi scbagai ,"Cl)rang remaja awn! serla mengetahui faktor-faktor yang mcmbantu shnv.;I da\am memcHuhi kebutuhan untuk bcrafiliasi dan menycsuaikan diri sl.;carn 50sia!. Yang mcnjadi satullo kajian di dalam pene!itian ini ada tiga, yailu si,wa kelas aksclcrasi. kcbutuhan aliliasi dan pcnyesuaian -;osial: Pcnelitian lni r:1cnggcnakan pcndckatan kuaHtalif dcngan j~ni~ pcnelitian swdi kasus lntrinsik, dengan subyek penditian adalah siswa kelas akst)1crasi di SMP :\cgeri 1 Surabaya pcriode tahun ajaran 2003-2005. Subyck didapat dari hasil pCl1jcbaran ar.gkc; tcrhuka ke "'das aksdernsi dan diumbil err.pa{ orang siswu yang sesuai dcr..gan kri~ria. Se!ain suhyek pc-neliti j'lga mengamniJ data dar! cmpat orang s(l;nificant other sebagai pendukung. Penclit: mcnghimpun data dar: hasil V\iawancara terhadap subyek dan signiih:ant uthc~tlya, re~man arsip dan hasi! ohs~rvflsi sclama wawancara. HasH penelilian :nenunjukkan balma subyck memenuhi kehutunan al1liasi dcngan tctap mclakukan akfit1ta.s sosialnya bcrsama h:man--tcman di kel<::s akselcrasi, se-perti jalan-jalan ke mall, mcno!iton iIlm di b!()"kop aiau sckcdar pergl ke rumah teman untuk curhat. Subyck bCfusaha elcnycsuaikun dirt \crhadap waktu luang lang merd.a miliki untuk kegiatan s.o-si<1ln}u, Subyck !idak menga!ami hambalan yang serll:s dalam masalah ukadcmiknya. Dalam menyesuaikan diri tcrhadap tuntutan luga;;-tugas sekolah, tiar suhyck mcmi:iki cara terscndiri, schingga streSS yang mcrcka all1mi tidak sampai mcnghambal proses belajamya. Simpu!l1n yang didapat dari pcne!ilian ini adalah subyck mcmenuhi kcbutuhan afiliasinya dellga:> cara ITi¢njalin hubungan akrab dengan 1cman·tcman dl kl-las !'crta mclakukan aktifitas sosrul di wnklu-waktu sct1ggang, scp-erti wdklt: "~te:i'.h ujian. Cntuk menyesuai~an diri deng<ln :c;itu<lsi ::.-ckolah yang ham. $ubyck berusaha unruk berbagi masa!ah dengan tct!1an~tcrnan dekat di kclas a~sdcri!;;i baik mnsalah nkademik maupun :-nasalah pergaulan, seL~jn it:.; sub}ckjuga bf.'rb<lgi ccr:ta dengan keluarga, Faktor yllng amat membantu subyck unluk melakuk:u1 pcnye;;:Jaian so~ial ;lda!ah ada!1ya dUKungan te:nan. guru dan kduarg,L

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 005/04 Nas p FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PENYESUAIAN SOSIAL REMAJA AWAL DI KELAS AKSELERASI (Studi Kasus pada Siswa SMP Negeri I Surabaya)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
DINA NASTITI, 119910335UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDEWI RETNO SUMINAR, DRA.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 05 Mar 2017 18:49
Last Modified: 09 Jul 2017 22:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53917
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item