SARASDITA WIDYANINGRUM, 041310113061 (2016) PERLAKUAN AKUNTANSI TEHADAP PIUTANG USAHA PADA PT.PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR. Other thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (abstrak)
FV.A.58 -16 Wid p abstrak.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text (fulltext)
FV.A.58 -16 Wid p.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
3.1 Simpulan Berdasarkan hasil deskripsi dan pengamatan selama praktik kerja lapangan, yang berkaitan dengan Perlakuan Akuntansi Terhadap Piutang Usaha Pada PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur mengartikan piutang usaha sebagai hak tagih kepada para pelanggannya untuk melunasi kewajiban sehubungan dengan telah dikonsumsinya energi listrik oleh pelanggan PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur. 2. Piutang usaha PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur diklasifikasikan menjadi piutang langganan, piutang macam-macam, piutang ragu-ragu, dan penyisihan piutang usaha. 3. Pengakuan piutang usaha PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur menggunakan metode accrual basis dalam proses pencatatan serta pelaporan atas transaksi-transaksi keuangan yang terjadi. 4. Piutang usaha pada PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur dinilai pada nilai wajarnya. 5. Dalam penghapusan piutang usaha PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur menggunakan metode cadangan penurunan nilai piutang (penyisihan piutang tak tertagih), serta menggunakan estimasi cadangan penurunan nilai piutang dengan cara menyiapkan skedul umur piutang. 6. Perlakuan Akuntansi Terhadap Piutang Usaha Pada PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur sudah sesuai dengan standar keuangan yang berlaku di Indonesia dan telah sesuai dengan Internasional Financial Reporting Standard (IFRS) basis sebagai pedoman yang digunakan dalam pencatatan transaksi hingga penyusunan laporan keuangan. 3.2 Saran Piutang usaha PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur membutuhkan perhatian khusus oleh menejemen, sangat baik jika manajemen melakukan pengawasan terhadap penerimaan piutang usaha, agar penerimaan kas atau klaim atas kas di masa mendatang dapat diukur dengan baik. PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur sebaiknya memberikan sosialisasi secara terus menerus kepada pelanggan dalam hal membayar rekening listrik sebelum jatuh tempo.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FV.A.58 -16 Wid p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | AKUNTANSI, PIUTANG USAHA | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2017 22:53 | ||||||
Last Modified: | 05 Mar 2017 22:53 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53950 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |