AHMAD SIDDIQI A., 041310113054
(2016)
EVALUASI PENGENDALIAN INTERN ATAS SISTEM DAN PROSEDUR TERHADAP PIUTANG USAHA PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA (Persero) Tbk REGIONAL V (JAWA TIMUR, BALI, DAN NUSA TENGGARA).
Other thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
3.1. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan dan hasil praktik kerja lapangan yang telah
diselesaikan oleh penulis pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, maka dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Piutang usaha pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk dari definisinya
menjelaskan bahwa jenis pembiayaan dalam bentuk pembelian dan atau
pengalihan piutang atau tagihan jangka pendek duatu perusahaan yang berasal
dari transaksi usaha. pengertian ini berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi
Keuangan ( PSAK) no. 43.
2. Kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh PT. Telekomunikasi Indonesia,
Tbk, sudah memenuhi syarat sebagai aturan dalam kegiatan usaha perusahaan dan
dapat menunjang kinerja perusahaan terutama dibidan penagihan piutang usaha .
3. Pengendalian intern PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, sudah terlaksana
dengan baik sehingga kemungkinan adanya kebocoran atau kecurangan semakin
minim.
4. Pengendalian intern piutang sendiri juga sudah terlaksana dengan baik,
dan prosedur penagihannya sudah terlaksana dengan benar dan tepat. Sehingga
penagihan piutang dapat berjalan dengan lancer meskipun risiko piutang tak
tertagih tetap ada.
3.2. Saran
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, telah menunjukkan kinerja yang baik
dalam penganganan penagihan piutang, hal ini sudah dapat dikatakan baik. Untuk
tetap meningkatkan kinerja, masukan dari penulis dihimbau agar perusahaan PT.
Telekomunikasi Indonesia, Tbk, mengembangkan sistem dan prosedur yang ada
dalam perusahaan seiring dengan berkembangnya perusahaan. dengan demikian
perusahaan juga dituntut untuk lebih meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan
atas fungsi-fungsi terkait.
Actions (login required)
|
View Item |