ANALISIS PERKEMBANGAN RENTABILITAS SEBAGAI ALAT BAN1U MENILAI TINGKAT EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL (STUDI KASUS PADA PT. SEMEN GRESIK. Tbk)

NATALIA LAKSMI WIDYASANTI (2001) ANALISIS PERKEMBANGAN RENTABILITAS SEBAGAI ALAT BAN1U MENILAI TINGKAT EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL (STUDI KASUS PADA PT. SEMEN GRESIK. Tbk). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 24 02 Wid a.pdf

Download (537kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap perusahaan untuk membiayai kegiatan operasinya sehari-hari membutuhkan modal, dimana dengan modal tersebut dapat digunakan untuk memperoleh laba atau keuntungan yang maksimal maupun untuk mempertahankan kelangsungan bidup usahanya. Namun laba yang besar belumlah merupakan ukuran bahwa perusahaan tersebut telah bekerja dengan efisien. Untuk itu diperlukan perencanaan yang matang dalam mengelola modal secara efisien dengan cam membandingkan laba yang diperoleh dengan kekayaan atau modal yang digunakan untuk mengbasilkan laba tersebut, atau yang disebut rentabilitas. Rentabilitas merupakan kemampuan suatu perusahaan untuk memperoleh keuntungan dari modal yang dioperasikan. Oleh karena itu untuk mengetahui efisiensi perusahaan dalam menggunakan sumber modal untuk menghasilkan laba selama peIiode tertentu dapat dilakukan analisis perkembangan rentabilitas sebagai alat bantunya. Untuk mengetahui hal tersebut maka dipilihlah PT. Semen Gresik, Tbk yang merupakan salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia yang saham-sahamnya telah go public, dimana para pemegang sahamnya perlu mengetahui tingkat efisiensi penggunaan modal yang ada di perusahaan tersebut agar merasa yakin bahwa modal yang telah disetor akan berkembang yang pada akhirnya deviden yang diterima pun meningkat. Analisis perkembangan rentabilitas ini diharapkan dapat membantu manajemen dalam menilai tingkat efisiensi penggunaan modal sehingga nantinya dapat metYamin kelangsungan hidup perusahaan agar tidak sampai kekurangan dana dalam melakukan aktivitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 24/02 Wid a FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: ANALISIS PERKEMBANGAN RENTABILITAS SEBAGAI ALAT BAN1U MENILAI TINGKAT EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL (STUDI KASUS PADA PT. SEMEN GRESIK. Tbk)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NATALIA LAKSMI WIDYASANTINIM049922811-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArsono Laksmana, Drs. A, SE. Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Mar 2017 17:53
Last Modified: 08 Mar 2017 17:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54124
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item