Ilham Satrio Dimantoro Sukiswo, 041210313026
(2016)
TEKNIK NEGOISASI DAN PERSONAL SELLING PADA SMK PELAYARAN BHAKTI SAMUDERA SURABAYA.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Pada akhir dari laporan praktek kerja lapangan ini penulis akan membuat
kesimpulan dari beberapa pembahasan diatas dan memberikan saran saran yang
apat berguna bagi SMK Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya maupun bagi
pembaca.
Selama melakukan Praktek Kerja Lapangan banyak sekali yang penulis
dapat pelajari dari Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran Bhakti Samudera
Surabaya, banyak sekali hal hal menarik yang dapat dijadikan bahan laporan.
Didalam laporan kali ini penulis memilih untuk membahas teknik negoisasi yang
ada di SMK Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya yang berfokus pada pendidikan
pelayaran, kelautan, dan kemaritiman. Dalam pembahasan yang telah dilakukan di
bab-bab sebelumnya penulis akan membuat kesimpulan dari apa yang telah
dibahas diatas. Hasil kesimpulan yang dibuat sebagai berikut:
1. Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya adalah
sekolah menengah kejuruan yang berfokus dibidang pelayaran yang
berada dibawah naungan Departmen Pendidikan Nasional dan Departmen
Perhubungan, dan juga terikat dengan peraturan internasional yaitu
International Maritim Organisation (IMO).
2. Proses Negoisasi di SMK Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya sangat
berpengaruh untuk produk jasa yang ditawarkan, karna disekolah ini target
pasarnya adalah calon calon yang berkompeten dalam bidang tertentu
(Pelayaran). Dan tidak sembarang orang mau bekerja di atas lautan.
3. Sekolah SMK Pelayaran Bhakti Samudera menjual jasanya langsung
kepada pengguna akhir direct selling. Yaitu langsung kepada wali murid
atau calon taruna.
4. Anggota humas dari SMK Pelayaran Bhakti Samudera atau yang disebut
Personil Humas berperan penting dalam melakukan negoisasi dengan SMP, karna akan menjadi hubungan jangka panjang untuk melakukan
presentasi presentasi kedepanya.
3.2 Saran
Adapaun saran yang diberikan penulis untuk SMK Pelayaran
Bhakti Samudera Surabaya, dan Program Diploma III Manajemen
Pemasaran Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Airlangga adalah:
Bagi Perusahaan
Bagi penulis sendiri Sekolah SMK Pelayaran Bhakti Samudera
sudah banyak membantu dan mengenalkan penulis didalam lingkungan
kerja nyata, jika hanya mendapat teori tanpa adanya praktek langsung itu
pun akan sia sia. Karna itu penulis sangat berterima klasih banyak kepada
SMK Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya yang telah memberi
kesempatan kepada penulis untuk mengimplementasikan ilmu marketing
yang didapat diperkuliahan dapat dipraktekan di SMK Pelayaran Bhakti
Samudera Saurabaya. Saran untuk SMK Pelayaran Bhakti Samudera
Surabaya adalah harus mengikuti jaman yang sekarang banyak
menggunakan IT sebagai media pemasar dan juga sosial media, agar bisa
lebih meningkatkan kredibilitas sekolah dan sistem pemasarannya.
Actions (login required)
|
View Item |