RAMA DIMAS ADE KUSUMA, 071414853013 (2016) OPINI MASYARAKAT TERHADAP PERSONAL BRAND CAWABUP DI KABUPATEN SIDOARJO (Studi Kasus Tan Mei Hwa Sebagai Perempuan Muslim Tionghoa Dalam Pencalonan Pilkada Kabupaten Sidoarjo 2015. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (abstrak)
TSK.37-16 Kus o abstrak.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (FULLTEXT)
TSK.37-16 Kus o-min.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini tentang opini masyarakat Kabupaten Sidoarjo terhadap personal brand Tan Mei Hwa sebagai perempuan muslim Tionghoa dalam pencalonan pilkada Kabupaten Sidoarjo 2015. Pemilihan Kepala Daerah tahun 2015 adalah pertama kalinya Indonesia mengadakan Pemilihan Umum secara serentak seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut dimanfaatkan salah satunya oleh Tan Mei Hwa sebagai perempuan muslim Tionghoa, yang berusaha membentuk citra yang kuat dan jelas pada masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Pada penelitian ini, pengambilan data menggunakan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan dua kelompok informan, yakni kelompok pemula (P) dan kelompok lanjutan (U). Metode yang digunakan adalah studi kasus, supaya dapat memberikan gambaran secara mendetail sifat-sifat serta karakter-karakter yang khas dari Tan Mei Hwa, dengan pedoman wawancara yang telah disusun sebelumnya mengenai personal brand yang dikaitkan dengan identitas diri Tan Mei Hwa. Dari hasil dan analisis, disimpulkan bahwa pendapat masyarakat mengenai personal brand Tan Mei Hwa adalah perempuan pendakwah beretnis Tionghoa. Namun pemilihan partai dan pasangan politik yang kurang sesuai menyebabkan personal brand Tan Mei Hwa tidak maksimal dalam pencalonan wakil bupati. Adapun aspek karakteristik pada elemen kekhasan, masyarakat merasakan kualitas nilai-nilai agama yang tetap dipertahankan sembari memperjuangan hak-hak kaum perempuan. Tetapi pada elemen relevansi, terlihat dari masyarakat yang belum bisa menerima etnis Tionghoa, karena adanya label kikir yang terlanjur melekat dan kekhawatiran menguasai perekenomian Indonesia. Kata Kunci: Opini Publik, Personal Brand, Perempuan Dalam Politik, Pilkada
Actions (login required)
View Item |