AVON ROSSE MALANVA, 041310313068 (2016) ANALISIS STRATEGI BAURAN PROMOSI PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) MOR V SURABAYA GUNA MENDORONG PRODUCT SWITCHING DARI PREMIUM KE PERTALITE. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (abstrak)
FV.PM. 33-16 Mal a abstrak.pdf Download (110kB) | Preview |
|
Text (fulltext)
FV.PM. 33-16 Mal a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
4.1 Simpulan Berikut ini simpulan dari deskripsi hasil Praktik Kerja Lapangan di PT Pertamina (Persero) MOR V Surabaya : 1. PT Pertamina (Persero) MOR V Surabaya telah menerapkan bauran promosi sesuai teori Stanton untuk mendorong Product switching yaitu : a. Periklanan b. Personal Selling c. Sales Promotion d. Publisitas 2. Usaha PT. Pertamina (Persero) dalam mendorong product switching dari premium ke pertalite belum seluruhnya menggunakan Consumer-market Sales PromotionTechnique. Pertamina hanya menggunakan beberapa diantaranya yakni : a. Coupons (kupon) b. Price-off deals c. Contest and sweeptakes (kontes dan undian) d. Event sponsorship 4.2 Saran Adapun saran yang diberikan penulis dapat bermanfaat bagi PT Pertamina (Persero) selaku subyek Praktik Kerja Lapangan (PKL); 4.2.1 Strategi Bauran Promosi untuk Product Switching PT Pertamina (Persero) MOR V Surabaya sebaiknya terus memaksimalkan promosi dengan mengaplikasikan lebih banyak Consumer-market Sales PromotionTechnique. Adapun teknik yang belum diterapkan Pertamina pada produk pertalite adalah : a. Premium and advertising specialties Saat ini Pertamina belum ada promosi pada produk pertalite yang menawarkan hadiah langsung berupa barang yang diberikan tanpa syarat (given to consumers with no obligation). b. Brand (Product) placement Dalam mempromosikan produknya, PT Pertamina (Persero) sudah mengaplikasikan brand placement pada produk Pertamax yaitu dengan memunculkan brand Pertamax pada salah satu adegan film 5 CM. Sebaiknya teknik ini juga perlu diterapkan pada produk Pertalite dengan harapan dapat meningkatkan keeksistensian Pertalite daripada premium. c. Rebates (Rabat/ tawaran pengembalian tunai) Saat ini Pertamina belum memberi penawaran berupa kuantitas seperti membeli 3 liter gratis 0,5 liter. d. Frequency (Continuity) programs Sebaiknya Pertamina memberikan penawaran program yang berkelanjutan, misalnya dengan program membeli 4 Liter Pertalite diskon 5% untuk pembelian selanjutnya. 4.2.2 Untuk Manajemen PT Pertamina (Persero) MOR V Surabaya sebaiknya lebih menjaga kekompakan dan kekeluargaan. Agar setiap individu bisa bekerja satu sama lain untuk mencapai target promosi yang efektif dalam mendorong product switching dari premium ke pertalite.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir D3) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FV.PM. 33-16 Mal a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI BAURAN PROMOSI, PT. PERTAMINA (PERSERO) MOR V SURABAYA, PRODUCT SWITCHING, PREMIUM, PERTALITE | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
||||||
Divisions: | 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2017 16:53 | ||||||
Last Modified: | 20 Mar 2017 16:53 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54982 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |