Devi Permatasari, 041310313047 (2016) PELAYANAN KLAIM PRODUK JASA ASURANSI PT. JASARAHARJA PUTERA CABANG SURABAYA, JAWA TIMUR. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
FV.PM. 37-16 Per p abstrak-min.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (FULLTEXT)
FV.PM. 37-16 Per p-min.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan selama Praktik Kerja Lapangan di PT. Jasaraharja Putera Cabang Surabaya dan berdasarkan pada hasil pembahasan pada bab sebelumnya, maka pada bagian terakhir dari Tugas Akhir ini penulis akan memberikan kesimpulan serta saran yang ditujukan kepada PT. Jasaraharja Putera Cabang Surabaya selama menjalani Praktik Kerja Lapangan yang diharapkan bermanfaat bagi perusahaan. 4.1 Kesimpulan Pada laporan kali ini telah membahas mengenai pelayanan pencairan uang klaim pada PT. Jasaraharja Putera Cabang Surabaya dan kesimpulan yang dapat dibuat adalah sebagai berikut: 1. PT. Jasaraharja Putera Cabang Surabaya menerapkan pelayanan prima atau excellence service dalam memberikan pelayanan klaim. 2. Penerapan pelayanan prima tersebut dilihat dari kegiatan sebagai berikut: memberikan pelayanan komunikatif, pelayanan yang cepat, serta keramahan dalam penyampaian layanan. 3. Dalam memberikan pelayanan komunikatif sebagai bagian dari pelayanan prima, perusahaan menerapkan aksi sebagai berikut: paparan tata cara klaim yang tepat dan akurat, penanganan keluhan nasabah klaim dengan tepat dan akurat. 4. Salah satu unsur lain dalam memberikan pelayanan prima, perusahaan juga menerapkan aksi berikut ini dalam memberikan pelayanan yang cepat: pola pelayanan klaim yang cepat dan mudah, serta proses pencairan uang klaim yang cepat. 5. Dalam keramahan penyampaian layanan, aksi yang diberikan oleh perusahaan adalah sebagai berikut: petugas klaim menggunakan bahasa yang sopan, dan murah senyum ketika melayani klaim. 6. Melalui penerapan pelayanan prima yang telah dilakukan PT. Jasaraharja Putera Cabang Surabaya, diharapkan untuk mampu menjaga kepuasan serta loyalitas dari nasabah perusahaan. 7. Menjalin hubungan jangka panjang antara nasabah dengan perusahaan PT. Jasaraharja Putera Cabang Surabaya sehingga menciptakan kepuasan nasabah yang kemudian dapat memberikan masukan dan aspirasi untuk perusahaan sebagai wujud dari perbaikan dimasa yang akan datang. Selain itu juga terciptanya loyalitas yang ada dibenak nasabah sehingga dapat membentuk keuntungan dari kedua belah pihak. 4.2 Saran Adapun saran yang diberikan kepada perusahaan agar dapat bermanfaat, adalah sebagai berikut: 1. PT. Jasaraharja Putera Cabang Surabaya harus dapat lebih memaksimalkan pelayanannya dengan menerapkan pelayanan prima atau excellence service secara lebih baik agar dapat membuat nasabah semakin puas dengan kinerja pelayanan. Selain itu juga dapat meminimalisir tingkat komplain dari nasabah akibat pelayanan yang kurang memuaskan. 2. PT. Jasaraharja Putera Cabang Surabaya harus mampu untuk tetap menjaga loyalitas yang telah tercipta pada tiap nasabah perusahaan. Loyalitas akan tercipta salah satu diantaranya adalah dengan melakukan follow-up kepada nasabah perusahaan setiap beberapa bulan sekali untuk memantau apakah masa aktif polis asuransi masih berlaku atau tidak. Follow up tersebut tidak dilakukan saat tahun pertama menjadi nasabah tetap PT. Jasaraharja Putera, follow-up tersebut harus dilakukan setiap tahun, meskipun masa aktif polis nasabah hampir habis, follow-up tetap harus dilakukan agar perusahaan memiliki image pelayanan yang positif. Selain itu dalam memberikan pelayanan klaim, petugas klaim harus benar benar memberikan pengabdian dalam melayani nasabah klaim. Dalam hal tersebut berarti petugas klaim harus benar benar ikhlas dan tidak berat hati dalam memberikan pelayanan. Petugas klaim biasanya terlihat bersikap seolah olah terpaksa ramah dan sopan dihadapan nasabah. Dalam memberikan pelayanan seharusnya petugas klaim memang diharuskan untuk benar benar menunjukkan sikap yang sopan dan ramah tersebut tanpa paksaan seolah memang begitulah pembawaan sikap si petugas klaim. Dengan menerapkan sedikit saran tersebut, maka diharapkan nasabah akan semakin puas dengan kinerja pelayanan perusahaan yang kemudian akan menciptakan loyalitas serta hubungan jangka panjang. Dengan menjaga loyalitas tersebut kemudian akan dapat memberikan keuntungan dari segi perusahaan yaitu berupa profit yang maksimal dan tidak menurun
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir D3) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FV.PM. 37-16 Per p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PELAYANAN, KLAIM PRODUK, JASA ASURANSI, PT. JASARAHARJA PUTERA CABANG SURABAYA | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance |
||||||
Divisions: | 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2017 17:42 | ||||||
Last Modified: | 09 Aug 2017 23:46 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54996 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |