ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE (OPAC)(Studi Eksplanatif Pengaruh Efektivitas, Efisiensi dan Kualitas terhadap Kinerja OPAC di Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura)

M. ROIHAN HANAFI, 071211632053 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE (OPAC)(Studi Eksplanatif Pengaruh Efektivitas, Efisiensi dan Kualitas terhadap Kinerja OPAC di Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
M. ROIHAN HANAFI - 071211632053-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Online Publik Access Catalogue (OPAC) merupakan sistem temu kembali informasi dengan pengaplikasian Teknologi Informasi (TI), yang ditujukan untuk memberikan pelayanan optimal kepada pengguna perpustakaan sebagai representasi dari kinerja perpustakaan yang optimal. Perpustakaan UTM merupakan perpustakaan yang telah menyediakan layanan OPAC. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja OPAC di perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan metode survai. Adapun populasinya adalah sivitas akademika UTM yang memanfaatkan layanan OPAC di Perpustakaan UTM. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sebanyak 100 responden diteliti melalui kuesioner dengan kriteria pemakaian OPAC >10 kali. Berdasarkan hasil regresi diketahui adanya pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Nilai analisa korelasi ganda (R) diketahui makin kuat korelasi/hubungan antar variabel variabel yang ada. Dengan uji simultan didapatkan adanya pengaruh yang signifikan antara variable independen terhadap variabel dependen dan hal tersebut terbukti. Sedangkan pada uji parsial ditemukan adanya pengaruh yang signifikan pada masing-masing variabel terhadap kinerja OPAC yang terbukti faktor-faktor pada semua variabel independen. Sedangkan pada uji determinasi ditemukan bahwa variabel kualitas OPAC berpengaruh paling dominan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP 82/16 Han a
Uncontrolled Keywords: kinerja, OPAC, kinerja OPAC
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
M. ROIHAN HANAFI, 071211632053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYUNUS ABDUL HALIM, S.SI.,M.KOMUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2017 22:46
Last Modified: 10 Aug 2017 00:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55060
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item