EFEKTIFITAS PENGGUNAAN SOFTWARE OPEN SOURCE (SLIMS) PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI MALANG

ONNY CAHYO WIDODO, 071411623024 (2016) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN SOFTWARE OPEN SOURCE (SLIMS) PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
Fis_IIP_93-16_Wid_e-min-min-min.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN76-min.pdf

Download (566kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan dalam menghadapi kemajuan teknologi yakni dengan mengelola perpustakaan menggunakan software atau aplikasi perpustakaan untuk sistem informasi manajemen perpustakaan. Perkembangannya sekarang, sudah banyak perpustakaan yang memanfaatkan aplikasi atau software perpustakaan baik itu open source maupun close source. Salah satu upaya dalam mengikuti perkembangan zaman yaitu perpustakaan menggunakan SLiMS dalam system informasi manajemen. SLiMS mampu berkembang mengikuti perkembangan teknologi agar perpustakaan tidak tertinggal. Perkembangan SLiMS tidak lepas dari peran para developer dan komunitas pengembangan SLiMS yang berkontribusi untuk SLiMS yang semakin kompleks. SLiMS mempunyai banyak komunitas yang berperan aktif dalam mengembangkan SLiMS. Peneliti ingin mengukur tingkat efektifitas SLiMS dalam perpustakaan perguruan tinggi melalui kualitas sistem, kualitas informasi, kegunaan system yang dirasakan, kemudahan penggunaan sistem yang dirasakan, kemampuan menggunakan komputer, penggunaan sistem informasi, dampak individu, kepuasan sistem informasi, dan dampak terhadap organisasi di perpustakaan dikemukakan oleh Weber Ron (1999). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berasal dari pustakawan yang menggunakan SLiMS di perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Politeknik Negeri Malang, Universitas Merdeka, dan Institut Teknologi Nasional Malang dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang. Penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SLiMS mampu bekerja secara efektif digunakan pada perpustakaan perguruan tinggi di malang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 93-16 Wid e
Uncontrolled Keywords: Efektifitas sistem informasi, Senayan Library Management System (SLiMS), perpustakaan perguruan tinggi
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
ONNY CAHYO WIDODO, 071411623024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYunus Abdul Halim, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:28
Last Modified: 26 Jan 2018 01:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55076
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item