OTOMATISASI PENENTUAN HARGA BEDASARKAN BERAT DAN VOLUME BARANG PADA JASA PENGIRIMAN (BAGIAN II)

NUR DEWI RATNA SWARI, 081310213040 (2016) OTOMATISASI PENENTUAN HARGA BEDASARKAN BERAT DAN VOLUME BARANG PADA JASA PENGIRIMAN (BAGIAN II). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.OSI.14-16 Swa s ABSTRAK.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FV_OSI_14-16_Swa_s_TUGAS_AKHIR_D3-min.pdf

Download (863kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem kerja dengan cara pengoperasian secara otomatis mulai banyak digunakan.Pada bidang industri, pengoperasian secara otomatis sangatlah berguna untuk menyelesaikan serta mempermudah pekerjaan. Tapi tidak hanya pada bidang industri, pada bidang jasa atau pelayanan juga memerlukan pengoperasian yang otomatis juga dan itu sangat bermanfaat. Berdasarkan hal tersebut, pada tugas akhir ini merancang sebuah sistem otomatis yang dapat memudahkan dalam pengukuran dimensi dan berat benda pada jasa pengiriman dan menghasilkan data yang akurat. Rancang bangun alat ini menggunakan sensor SRF-05 sebagai pengukur dimensi benda, straingauge sebagai pengukur massa benda, Arduino UNO, dan LCD sebagai tampilan. Apabila telah didapat data dari panjang, lebar, tinggi dan berat barang maka data tersebut akan dikirimkan ke Labview yang kemudian akan ditampilkan harganya. Dalam melakukan percobaan pengukuran serta penimbangan sebanyak 8 kali, pengujian keseluruhan sistem mengalami simpangan rata-rata ±0.2 untuk pengujian perbandingan berat terukur dan berat asli dan ±0.18 untuk pengujian perbandingan volume terukur dan volume asli. Dalam hal ini sistem memiliki nilai simpangan yang kecil sehingga keseluruhan sistem dapat bekerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.OSI 14/16 Swa S
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ212-225 Control engineering systems. Automatic machinery (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi (D3)
Creators:
CreatorsNIM
NUR DEWI RATNA SWARI, 081310213040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWinarno, S.Si., M.TUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 21 Mar 2017 23:52
Last Modified: 29 Jan 2018 22:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55171
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item