RANCANG BANGUN ALAT PEMBUAT ROTI SANDWICH ANEKA RASA OTOMATIS BERBASIS PLC (BAGIAN II)

ANDIN ISTIQOMATUL HUSNIA, 081310213037 (2016) RANCANG BANGUN ALAT PEMBUAT ROTI SANDWICH ANEKA RASA OTOMATIS BERBASIS PLC (BAGIAN II). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.OSI.10-16 Hus r ABSTRAK.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FV.OSI.10-16 Hus r TUGAS AKHIR D3-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses produksi pada industri makanan dituntut untuk menghasilkan produk makanan yang praktis, cepat dan instan guna memudahkan para pelanggan dalam mengkonsumsi produk makanan tersebut tanpa harus memasakya terlebih dahulu. Selain itu, permintaan pasar yang semakin tinggi, mengharuskan para produsen makanan memberikan pelayanan lain berupa berbagai variasi produk baik bentuk, warna maupun rasa. Salah satu bentuk industri produk makanan praktis dan siap saji adalah pada industri pembuatan roti sandwich. Dengan berkembangnya teknologi industri makanan yang mengacu pada peningkatan efektifitas dan efisiensi produksi, maka industri roti sandwich harus mampu mengimbangi kemajuan tersebut. Salah satu bentuk teknologi yang sering diaplikasikan pada dunia industri termasuk makanan adalah PLC (Programmable Logic Controller). Berdasarkan teknologi tersebut, pada tugas akhir ini dirancang alat pembuat roti sandwich aneka rasa otomatis berbasis PLC. Diperlukan komponen pendukung agar sistem mampu bekerja secara optimal, diantaranya adalah motor DC, sensor photodiode, laser, dan solenoid. Alat pembuat roti sandwich ini dibangun menggunakan papan konveyor dan dilengkapi dengan sistem pengolesan berbagai variasi selai aneka rasa hingga penumpukan roti kembali yang mana proses tersebut berjalan secara berkesinambungan. Sensor photodiode digunakan untuk pendeteksi adanya roti, laser digunakan sebagai pemancar cahaya pada photodiode. Motor DC digunakan sebagai penggerak roti dan solenoid berfungsi sebagai pemberi selai. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, akurasi sistem pembuat roti sandwich aneka rasa berbasis PLC ini adalah 100%.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.OSI 10/16 Hus r
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ212-225 Control engineering systems. Automatic machinery (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi (D3)
Creators:
CreatorsNIM
ANDIN ISTIQOMATUL HUSNIA, 081310213037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAkif Rahmatillah, S.T., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Mar 2017 00:58
Last Modified: 24 Aug 2017 20:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55176
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item