ZULKARNAEN, RIFKY, NIM. 040710047 (2014) RANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS DENGAN INTEGRASI METODE SERVICE QUALITY DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA MTS IBNU MALIK PONDOK PESANTREN SALAH NADWATUL ISHAQIYAH, JAMBU,BANGKALAN MADURA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-zulkarnaen-34938-5.abstr-i.pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 B. 258_14 Zul r.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dunia pendidikan Islam di pedesaan Indonesia terlihat begitu dilematis dimana di dalam usahanya untuk mensejajarkan layanan sesuai atau setara dengan lembaga pendidikan umum sampai saat ini masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Sebagaimana diketahui bahwa pemberian kualitas layanan yang terbaik merupakan salah satu kunci sukses sebuah organisasi di mata para konsumennya tidak terkecuali adalah Pondok Pesantren. Atas dasar hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk dapat memberikan masukan desain kualitas layanan berbasis konsumen kepada MTs. Ibnu Malik Ponpes Nadwatul Ishaqiyah. Pada akhirnya dengan adanya desain kualitas layanan tersebut MTs. Ibnu Malik Ponpes Nadwatul Ishaqiyah dapat menetukan prioritas perbaikan kualitas layanan yang harus dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, variabel yang diteliti adalah variabel kualitas layanan pada MTs. Ibnu Malik Ponpes Nadwatul Ishaqiyah yang terdiri atas 5 dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Sampel yang digunakan adalah 86 santri yang mengikuti pendidikan di MTs. Ibnu Malik Ponpes Nadwatul Ishaqiyah. Teknik analisis yang digunakan adalah metode perbaikan kualitas dengan Quality Function Deployment. Hasil dari analisis dengan Quality Function Deployment diperoleh kesimpulan bahwa kualitas layanan jasa pendidikan yang diselenggarakan oleh MTs Ibnu Malik Ponpes Nadwatul Ishaqiyah masih belum bisa memenuhi harapan sebagian besar santri. Atribut layanan yang menjadi prioritas harus segera diperbaiki adalah upaya untuk dapat menyelenggarakan UN secara mandiri serta memperbaiki tingkat kehadiran tenaga pengajar yang berkaitan dengan waktu pelaksanaan proses belajar mengajar. Sebagai upaya atas perbaikan dua atribut tersebut, pihak pengelolan MTs Ibnu Malik Ponpes Nadwatul Ishaqiyah dapat melakukan perbaikan dengan cara memperbaiki sikap dan perilaku tenaga pengajar, memberikan training kepada tenaga pengajar, pengurus atau karyawan, membuat Standart Operasi Pelayanan (SOP) dan berusaha secepat mungkin untuk meningkatkan akreditasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 258/14 Zul r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT | ||||||
Subjects: | T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Sulistiorini | ||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2016 07:04 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5523 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |