PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA KELAS XI SMKN 1 SURABAYA

INTAN DESY POERNAMASARI, 121211132009 (2016) PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA KELAS XI SMKN 1 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 63-16 Poe p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitan yang berjudul “Penggunaan Kalimat Efektif dalam Laporan Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XI SMKN 1 Surabaya” bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kalimat dalam laporan Praktik Kerja Industri siswa kelas XI SMKN 1 Surabaya berdasarkan ciri-ciri kalimat efektif: kesepadanan, kesejajaran, ketegasan, kehematan, kelogisan, kecermatan, dan kevariasian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode baca dan catat. Metode baca dan catat dilakukan secara bersamaan, yaitu dengan membaca secara teliti laporan Praktik Kerja Industri serta mencatat kalimat-kalimat yang diduga sesuai atau tidak sesuai dengan ciri-ciri kalimat efektif. Kalimat-kalimat yang telah dicatat tersebut kemudian dianalisis dan diklasifikasikan berdasarkan ciri-ciri kalimat efektif. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kalimat yang sesuai dan tidak sesuai dengan ciri-ciri kalimat efektif. Kalimat dalam laporan Praktik Kerja Siswa yang sesuai dengan ciri-ciri kalimat efektif meliputi ciri kesepadanan, kecermatan, ketegasan, dan kevariasian. Kalimat dalam laporan Praktik Kerja Siswa yang tidak sesuai dengan ciri-ciri kalimat efektif meliputi ciri, kesepadanan, kesejajaran, ketegasan, kehematan, kelogisan, dan kecermatan. Lebih banyaknya temuan kalimat yang tidak sesuai dengan ciri-ciri kalimat efektif menandakan bahwa siswa kurang mampu menggunakan kalimat efektif dan pengaplikasiannya dalam bentuk laporan Praktik Kerja Industri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 63-16 Poe p
Uncontrolled Keywords: Laporan Praktik Kerja, Administrasi Perkantoran, Kalimat Efektif, Kesepadanan, Kecermatan
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
INTAN DESY POERNAMASARI, 121211132009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Edy Sugiri, Drs. , M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 23 Mar 2017 00:11
Last Modified: 23 Mar 2017 00:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55244
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item