PENILAIAN OPTIMALISASI BEBAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN FORMULASI, EKSTRUSI, DAN WAREHOUSE (Studi di PT Du Pont Agricultural Products Indonesia Surabaya Plant)

ADINDA RETNO QURRATU’AIN, 101310113029 (2016) PENILAIAN OPTIMALISASI BEBAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN FORMULASI, EKSTRUSI, DAN WAREHOUSE (Studi di PT Du Pont Agricultural Products Indonesia Surabaya Plant). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.HKK 39-16 Qur p abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV.HKK 39-16 Qur p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Beban kerja optimal merupakan beban kerja yang ditanggung oleh pekerja dan tidak menimbulkan kelelahan kerja setelah melakukan pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini yakni mempelajari optimalisasi beban kerja pada pekerja bagian formulasi, ekstrusi, dan warehouse di PT Du Pont Agricultural Products Indonesia Surabaya Plant. Metode penelitian ini adalah berjenis observasional deskriptif. Variabel penelitian dalam penelitian ini yaitu beban kerja fisik, kapasitas fisik, dan beban kerja optimal. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total populasi yang berjumlah 8 pekerja. Data didapatkan dengan menghitung tingkat kebutuhan kalori menurut pengeluaran energi dengan cara observasi yang dikategorikan dalam beban kerja ringan, sedang dan berat. Selanjutnya dibandingkan dengan data hasil pengukuran respon fisiologis sehingga dapat diperoleh hasil penilaian optimalisasi beban kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden berusia antara 32 - 42 tahun, sebagian besar responden berusia kurang dari atau sama dengan 40 tahun, memiliki status gizi sangat gemuk dan normal. Responden yang termasuk beban kerja berat dan mengalami beban kerja kurang optimal sebanyak 50%. Disimpulkan bahwa sebagian besar responden bekerja dengan beban kerja sedang (beban kerja fisik) dan responden merasakan beban kerja optimal (respon fisiologis). Perusahaan sebaiknya memindahkan responden usia lebih dari 40 tahun di bagian ekstrusi, memberikan penyuluhan program diet, olaharga rutin, diberikan istirahat pendek 10 menit selama 2 kali sehari. Kata Kunci :Beban Kerja Optimal

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK 39-16 Qur p
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja Optimal
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
ADINDA RETNO QURRATU’AIN, 101310113029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Mar 2017 16:01
Last Modified: 26 Mar 2017 16:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55394
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item