PENGELOLAAN KEARSIPAN PADA SEKRETARIAT AIRPORT READINESS DEPARTMENT HEAD PT ANGKASA PURA I (PERSERO) BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

ANNAS PUTRI HIDAYAH, 041310513003 (2016) PENGELOLAAN KEARSIPAN PADA SEKRETARIAT AIRPORT READINESS DEPARTMENT HEAD PT ANGKASA PURA I (PERSERO) BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.MPK. 39-16 Hid p abstrak.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV.MPK. 39-16 Hid p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

3.1 Simpulan Berdasarkan kegiatan praktik kerja lapangan dan pengamatan yang dilakukan pada bagian sekretariat Airport Readiness Department Head PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Bagian Airport Readiness Department Head PT Angkasa Pura I (Persero) berperan penting dalam memastikan tercapainya kehandalan fasilitas operasional bandar udara melalui peningkatan keselamatan, keamanan, dan pelayanan penerbangan, agar kegiatan pelayanan transportasi udara terhadap customer dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. 2. Kegiatan administrasi, khususnya proses pengarsipan telah diterapkan oleh sekretariat Airport Readiness Department Head PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya berjalan dengan baik dan teratur yaitu sebagai berikut: a. Semua sistem pengarsipan dokumen diarsip dengan cara individu, untuk penyimpanan dokumen dan arsip sekretariat Airport Readiness Department Head. Untuk pencarian arsip bisa dilihat di komputer di Dekstop, bagian file ARDH, di dalam file ARDH terdapat berbagai macam data surat masuk, surat keluar, dan berita acara, yang semuanya tersimpan dalam bentuk format Microsoft Excel yang bertujuan agar mempermudah dan mempercepat pencarian jika ingin mencari arsip lama yang diinginkan. b. Untuk dokumen surat masuk yang perlu disimpan sebagai arsip, semua dokumen tersebut tersimpan di ordner yang ditandai dengan tulisan Disposisi Surat Masuk ARDH 2016, untuk surat keluar ditandai dengan tulisan Surat Keluar ARDH 2016, untuk surat keluar atas nama General Manager atau Co. General Manager ditandai dengan tulisan Surat Keluar a.n. General Manager atau Co. General Manager. Untuk arsip tagihan rekanan, ditandai dengan tulisan Arsip Tagihan Rekanan ARDH. Sedangkan untuk penyimpanan dokumen arsip dari Airport Readiness Department Head sendiri, disimpan di lemari arsip. 3. Kekurangan ordner dan lemari penyimpanan arsip, yang terjadi pada sekretariat Airport Readiness Department Head PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya menyebabkan banyak berkas baru yang perlu disimpan di dalam ordner menjadi terbengkalai dan membuat kegiatan operasional sedikit terganggu. 3.2 Saran Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan yang telah disebutkan maka dapat dikemukakan beberapa saran yang mungkin dapat berguna bagi sekretariat Airport Readiness Department Head PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dalam menentukan kebijakan serta sebagai bahan pertimbangan di masa yang akan datang, yaitu sebagai berikut: 1. Sebaiknya, pelayanan terhadap customer atau pengguna jasa Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dalam bidang fasilitas operasional bandar udara, sebaiknya lebih dijaga dan ditingkatkan, agar kualitas dan nama PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya selalu terjaga dengan baik di hadapan customer atau pengguna jasa. 2. Sebaiknya, untuk menunjang kelancaran operasional sekretariat Airport Readiness Department Head PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, sekretariat segera mengajukan nota dinas ke bagian pengadaan perihal penambahan ordner dan lemari arsip. Dikarenakan, banyaknya berkas – berkas penting yang harus disimpan dengan baik dan untuk membantu staff dalam pencarian kembali dokumen atau arsip yang membutuhkan pencarian dalam waktu yang singkat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MPK. 39-16 Hid p
Uncontrolled Keywords: PENGELOLAAN KEARSIPAN, SEKRETARIAT AIRPORT READINESS DEPARTMENT HEAD PT ANGKASA PURA I (PERSERO)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran
Creators:
CreatorsNIM
ANNAS PUTRI HIDAYAH, 041310513003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Setya Dwi Jayanti, S.E., M.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Mar 2017 18:00
Last Modified: 18 Apr 2017 21:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55555
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item