STRATEGI MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN UMKM PADA PROGRAM BNI SYARIAH MIKRO (studi kasus pada BNI Syariah cabang Mikro Rungkut Surabaya)

ARYA PRADIPTA, 041211433091 (2016) STRATEGI MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN UMKM PADA PROGRAM BNI SYARIAH MIKRO (studi kasus pada BNI Syariah cabang Mikro Rungkut Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FEB.EI. 121-16 Pra s abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FEB.EI. 121-16 Pra s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

JUDUL Strategi Manajemen Risiko Pembiayaan UMKM pada Program BNI Syariah Mikro, Studi Kasus pada Bank BNI Syariah cabang Mikro Rungkut Suarabaya. ISI : Efisiensi dalam dunia perbankan memang menjadi salah satu parameter kinerja yang cukup populer, namun efisiensi saja tidak cukup menjadi parameter kinerja suatu bank.Efisiensi suatu bank setidaknya harus diikuti oleh manajemen risiko yang baik, sehingga selain bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, suatu bank juga dituntut bisa mengendalikan risiko yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagiamanakah BNI Syariah khusus untuk pembiayaan mikro menjalankan strategi manajemen risikonya sesuai dengan permasalahan yang dihadapi di lapangan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan metode yang digunakan adalah studi kasus. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang ditemukan adalah bahwa strategi manajemen risiko yang diterapkan oleh BNI Syariah ialah identifikasi, pengukuran, mitigasi, pengawasan dan pengendalian. Dimana ke empat strategi tersebut memiliki cara dan strategi yang telah disusun rapi sehingga dapat mencakup risiko yang akan terjadi didalam organisasi Bank itu sendiri seperti risiko yang berakibat dari pegawai maupun salah perhitungan analisis,maupun kesalahan dikarenakan salah penentuan calon nasabah dan eksternal dari bank yaitu nasabah, agunan, force majeur, asuransi maupun tidak dijalankannya pembiayaan yang sesuai dengan akad di awal. Keywords: pembiayaan, bank syariah, manajemen risiko, strategi manajemen risiko, umkm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 121-16 Pra s
Uncontrolled Keywords: pembiayaan, bank syariah, manajemen risiko, strategi manajemen risiko, umkm.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
ARYA PRADIPTA, 041211433091UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAchsania Hendratmi, SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Mar 2017 23:35
Last Modified: 30 Mar 2017 23:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item