PENGARUH ION SENG (II) TERHADAP PENENTUAN KADAR ION KALSIUM (II) DAN ION MAGNESIUM (II) SECARA KOMPLEKSOMETRI MEMAKAI PENOPENG CN

MUHAIMIN, 089110801 (1997) PENGARUH ION SENG (II) TERHADAP PENENTUAN KADAR ION KALSIUM (II) DAN ION MAGNESIUM (II) SECARA KOMPLEKSOMETRI MEMAKAI PENOPENG CN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpk 10.97 muh p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu cara penentuan kesadahan air adalah dengan metode kompleksometri. Narnun ka~ena di dalam ~ir sadah terda~~t ion lain selain ion Ca + dan ion Mg +, misalnya Zn maka penentuan kesadahan dengan metode kompleksometri da~at terganggu. Pen~aruh Zn + dapat diatasi dengan memberikan ~at penopeng CN-yang akan membentuk kompleks rZn(CN)4J~-. Ke2udian dilakuk2n penelitian tentang penentuan kadar ion Ca + d~n ion Hg +. dengan melakukan variasi konsentra~i ion Zn +. Dan masing-masing larutan dengan variasi Zn~+ in1 mengalami dua perlakuan yaitu ditambah KeN dan tidak ditambah KCN. Penentuan kadar ion Ca2+ menggunakan ind1kator ka~kon pada pH 13,5, sedangkan penentuan kadar ion Hg + menggunakan indikator EBT pada pH 10.0. Dari hasll uji statis~ik dapat disimpulkan bahwa untuk penentua~ kadar ion Ca + tidak ada beda nyata antara kadar ion Zn + yang diperbandingkan maupun antara diberi zat penopeng dengan yang tidak diberi zat ~enopeng. Keadaan sebaliknya untuk penentuan kadar ion Hg~+ yang berbeda nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpk 10.97 muh p
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
MUHAIMIN, 089110801UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUsreg Sri H, Dra. ,MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 04 Apr 2017 20:04
Last Modified: 04 Apr 2017 20:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55895
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item