MARY PHILIA ELISABETH, 091071205
(2017)
PENGARUH PEMBELAJARAN MUSIK DENGAN INSTRUMEN KEYBOARD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK DOWN SYNDROME DENGAN VARIABEL MEDIATOR KEMAMPUAN MENGOLAH PENDENGARAN.
Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Kemampuan komunikasi adalah salah satu aspek yang dikeluhkan oleh
guru maupun orangtua yang berinteraksi dengan anak Down syndrome. Anak
Down syndrome terbiasa menggunakan isyarat tubuh dan ekspresi emosi untuk
menunjukkan apa yang dibutuhkan atau dirasakannya. Tujuan penelitian ini
adalah menguji secara empiris dan menganalisis pengaruh pembelajaran musik
terhadap kemampuan komunikasi anak Down syndrome melalui stimulasi
kemampuan mengolah pendengaran.
Variabel bebas penelitian ini adalah pembelajaran musik, dimana semua
Subjek diberi pembelajaran, dibandingkan kondisi antara sebelum, selama, dan
setelah mengikuti pembelajaran musik. Variabel terikat penelitian ini adalah
kemampuan komunikasi, yang diukur melalui observasi frekuensi perilaku tampak
di rumah maupun di sekolah. Variabel mediator penelitian ini adalah kemampuan
mengolah pendengaran, yang diukur melalui observasi frekuensi perilaku tampak
di rumah maupun di sekolah. Variabel sekunder penelitian ini dikendalikan
menggunakan teknik konstansi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
statistik non-parametrik, Wilcoxon Signed Ranks Test, uji model menggunakan
VPLS, dan analisis induktif untuk data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan komunikasi
dipengaruhi oleh stimulasi kemampuan mengolah pendengaran melalui program
pembelajaran musik yang terstruktur dan intensif; 2) karakter dan lingkungan
komunikasi berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan komunikasi; 3) ada
perbedaan bermakna antara kemampuan berkomunikasi pada kondisi awal dan
perlakuan.
Saran bagi penelitian selanjutnya: penelitian tentang pengaruh kemampuan
integrasi visual motorik dan kemampuan regulasi emosi terhadap kemampuan
komunikasi anak Down syndrome. Bagi orangtua dan sekolah disarankan untuk
memanfaatkan program pembelajaran musik yang telah berjalan sebagai sarana
untuk melatih kemampuan komunikasi anak melalui interaksi sehari-hari.
Actions (login required)
|
View Item |