SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BAHAN MAKANAN DI INSTALASI GIZI RSU Dr. WAHIDIN SUDIROHUSODO MOJOKERTO

DYAH AYU LATIFAHSARI, 081310113001 (2016) SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BAHAN MAKANAN DI INSTALASI GIZI RSU Dr. WAHIDIN SUDIROHUSODO MOJOKERTO. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK FV. SI 17-16 Lat s.-Abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman depan)
KKC KK FV. SI 17-16 Lat s.-1.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK FV. SI 17-16 Lat s.-2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
KKC KK FV. SI 17-16 Lat s.-3.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Instalasi Gizi RSU. Dr. Wahidin Sudiro Husodo adalah Instalasi Pemerintah Mojokerto yang bergerak dalam jasa pelayanan kesehatan yang berdiri dan diresmikan pada Desember 2012 berlokasi di Jalan Surodinawan, Mojokerto. Selama ini proses pengeolaan bahan makanan masih di catat secara manual. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat Sistem Informasi Pengelolaan Bahan Makanan yang mencakup berbagai aktifitas yang berkaitan dengan proses input menu makanan, proses penyusunan menu makanan, proses penentuan bahan makanan berdasarkan menu makanan, proses pengadaan bahan makanan, dan prose pengeluaran bahan makanan. Dalam membuat aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Bahan Makanan di Instalasi Gizi RSU Dr. Wahidin Sudirohusodo Mojokerto dimulai dengan menganalisis sistem yang berkaitan dengan proses-proses pengelolaan bahan makanan. Selanjutnya mendesain sistem membuat Hierarchy Chart dan Data Flow Diagram (DFD) yang terdiri dari context diagram, DFD level 0 dilanjutkan dengan DFD level 1. Kemudian mendesain database dengan membuat Conceptual Data Model (CDM), dan melakukan generate CDM ke dalam Physical Data Model (PDM), tahap selanjutnya yaitu mentransformasikan PDM ke dalam database yang sebenarnya, serta mendesain form input dan output. Terakhir yaitu mengimplementasikan algoritma program yang telah disusun dan database yang telah dirancang ke program berbasis web. Pengujian Sistem Informasi Pengelolaan Bahan Makanan di Instalasi Gizi RSU Dr. Wahidin Sudirohusodo Mojokerto dilakukan dengan skenario uji coba pada proses login user, input menu makanan, penyusunan menu makanan, penentuan bahan makanan berdasarkan menu makanan, pengadaan bahan makanan, pemberian bahan makanan, pengeluaran bahan makanan, laporan pengadaan bahan makanan, laporan penerimaan bahan makanan, dan laporan pengeluaran bahan makanan. Berdasarkan hasil uji coba sistem, Sistem Informasi Pengelolaan Bahan Makanan ini sudah sesuai dengan kebutuhan pada Instalasi Gizi RSU Dr. Wahidin Sudirohusodo Mojokerto. Sistem Informasi Pengelolaan Bahan Makanan di Instalasi Gizi RSU Dr. Wahidin Sudirohusodo Mojokerto ini dapat menampilkan laporan secara tepat dan menangani beberapa proses bisnis yang ada secara efisien serta meminimalisir terjadinya kesalahan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI 17-16 Lat s
Uncontrolled Keywords: information systems , food, diet , preparation , procurement .
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
DYAH AYU LATIFAHSARI, 081310113001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Herawatie, Ir., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorIndra Kharisma Raharjana, S.Kom., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 19 Apr 2017 00:08
Last Modified: 19 Apr 2017 00:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56646
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item