Aktivitas Anti-Radikal Bebas DPPH Fraksi Diklormetan Dan Fraksi Metanol Fagraea blumei, Fagraea racemosa dan Fagraea fragrans

Achmad, Fuad Hafid (2004) Aktivitas Anti-Radikal Bebas DPPH Fraksi Diklormetan Dan Fraksi Metanol Fagraea blumei, Fagraea racemosa dan Fagraea fragrans. Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
BUKTI C-26 FUAD-min.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PEER REVIEW)
26 Penilaian Reviwear-min.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Fogroeo spp merupakan jenis tumbuhan yang banyak tumbuh di hutan , baik sebagai tanaman hutan primer maupun sekunder terutama di Katimantan, Sumatra dan Jawa. Turnbuhan ini masih betum banyak dikenal luas oteh masyarakat. Kayunya sering digunakan sebagai papan, perkakas rumah tangga dan tiang rumah. Secara tradisional daunnya digunakan sebagai atas tidur bayi prematur, penyakit beri-beri, obat panas, dan obat sakit kepata (Sangat, dkk., 2000; Saw, et.at. 1962). Penelitan tentang Fagroeo spp tetah ditakukan antara lain menunjukkan ekstrak metanol akar Fagraeo racemoso menunjukkan efek vasoditator dan anatgesik. Hat ini disebabkan karena ekstrak tersebut mengandung pinoresino[ yang merupakan senyawa Iignan (Okuyama, et.at., 1995). Senyawa tersebut juga terdapat pada ekstrak metanot buah zaitun yang telah terbukti sebagai antiradikal bebas (Robert, et.at., 2000). Hasil penetitian ekstrak metanol batang Fogroea blumei yang mengandung gtikosida iridoid dan ftavonoid memitiki aktivitas antiradikal bebas dan senyawa tersebut juga 1997).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Fraksi Diklormetan, Fraksi Metanol Fagraea blumei, Fagraea racemosa, Fagraea fragrans
Subjects: R Medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmakognosi Fitokimia
Creators:
CreatorsNIM
Achmad, Fuad Hafidachmadfuad@ff.unair.ac.id
Depositing User: Mr M. Fuad Sofyan
Date Deposited: 09 May 2017 16:45
Last Modified: 10 Aug 2017 20:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56713
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item