SISTEM PAKAR PEMILIHAN HARDWARE PC YANG KOMPATIBEL DENGAN FORWARD CHAINING

INSAN KAMIL, 081211631001 (2016) SISTEM PAKAR PEMILIHAN HARDWARE PC YANG KOMPATIBEL DENGAN FORWARD CHAINING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI 42-16 Kam s ABSTRAK.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 42-16 Kam s SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.idU

Abstract

Kegunaan sebuah personal computer (PC) sangat krusial. Untuk dapat memiliki sebuah PC, para calon pembeli umumnya mempercayakan proses pembangunan PC mereka pada toko-toko PC tanpa paham mengenai detail hardware pada PC tersebut dan seringkali mendapatkan PC yang melebihi anggaran dan/atau tidak sesuai kebutuhan. Selain itu, dalam memilih hardware PC juga memerlukan mekanisme untuk menjaga kompatibilitas antara hardware. Maka dari itu diperlukan sebuah sistem untuk membantu masyarakat awam dalam memilih hardware PC, yaitu sistem pakar pemilihan hardware PC dan mekanisme pembatasan kompatibiltas dengan forward chaining. Penelitian dimulai dengan mengumpulkan landasan teori tentang hardware PC, sistem pakar dan metode inferensi forward chaining. Teori-teori yang didapatkan dijadikan dasar pembuatan algoritma sistem. Setelah itu, mengumpulkan data hardware PC yang dijual mulai Januari 2015 hingga April 2016 sekaligus harganya. Pengumpulan data hardware dilakukan di Hi-Tech Mall Surabaya. Daftar hardware tersebut dijadikan pilihan untuk direkomendasikan. Lalu, melakukan wawancara kepada pakar untuk mendapatkan data perilaku calon perakit PC, jenis spesifikasi hardware yang mempengaruhi kompatibiltas, dan tipe hardware yang direkomendasikan. Hasil wawancara digunakan sebagai dasar pembuatan pertanyaan yang akan diberikan kepada pengguna ketika mendefinisikan kebutuhan. Selain itu, dijadikan rule dalam mesin inferensi sistem pakar dan algoritma untuk mekanisme pembatasan kompatibiltas. Sistem dirancang menggunakan sisflow, dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan sistem pengelolaan database MySQL, dan dieksekusi menggunakan browser internet. Sistem dievaluasi dengan cara membuat semua kemungkinan skenario kebutuhan pengguna lalu menjalankannya di sistem yang telah dibuat lalu membandingkan hasil rekomendasi dari sistem dengan hasil rekomendasi pakar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dalam penelitian menghasilkan rekomendasi yang sesuai dengan pakar. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa sistem pakar pemilihan hardware PC yang kompatibel dapat dibangun menggunakan metode pendekatan inferensi forward chaining.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 42/16 Kam s
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7885-7895 Computer engineering. Computer hardware
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
INSAN KAMIL, 081211631001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEto Wuryanto, Drs., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 28 Apr 2017 01:04
Last Modified: 28 Apr 2017 01:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56967
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item