HUBUNGAN JENIS POLA ASUH ORANGTUA DENGAN TINGKAT SELF-ESTEEM SISWA SMP NEGERI 2 BENGALON KABUPATEN KUTAI TIMUR

Andi Zulkifli (2016) HUBUNGAN JENIS POLA ASUH ORANGTUA DENGAN TINGKAT SELF-ESTEEM SISWA SMP NEGERI 2 BENGALON KABUPATEN KUTAI TIMUR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
PPDS. IKJ. 14-16 Zul h abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PPDS. IKJ. 14-16 Zul h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Siswa sekolah menengah pertama (SMP) dapat didefinisikan sebagai seseorang yang berada pada tahap remaja awal yang sedang menjalani pendidikan di sekolah jenjang menengah pertama. Sebagai seorang remaja, siswa SMP dituntut untuk mampu mengatasi permasalahan, mandiri, berprestasi dan asertif. Untuk melakukan hal itu diperlukan self-esteem yang baik. Salah satu faktor yang memengaruhiself esteem adalah keluarga karena merupakan lingkungan yang pertama dan terdekat yang dapat memengaruhiself-esteem siswa. Bagaimana keluarga dapat memengaruhiself-esteem siswa dapat dilihat dari bagaimana orangtua menerapkan pola asuh pada anaknya. Tujuan Penelitian : Menganalisis hubungan antara jenis pola asuh orangtua dengan tingkat self-esteem pada siswa SMP Negeri 2 Bengalon Kabupaten Kutai Timur. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional yang bersifat cross sectional. Rancangan ini dipilih untuk menganalisis hubungan antara pola asuh orangtua menggunakan Kuesioner Pola Asuh Anak (KPAA) Raden Irawati Ismail dengan tingkat self esteem yang menggunakan versi Indonesia dari Kuesioner Self Esteem Rosenberg pada siswa SMP Negeri 2 Bengalon Kabupaten Kutai Timur. Hasil penelitian : Didapat 214 siswa yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jenis pola asuh authoritative 194 (90,7%), permissive 9 (4,2%) dan authoritarian 11(5,1%). Adapun self-esteem pada siswa lebih banyak yang normal 186 (86,9%) daripada yang rendah 28 (13,1%). Dari analisis uji korelasi Spearman dan Chi square didapatkan nilai p > 0,05. Simpulan : Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara jenis pola asuh orangtua dan tingkat self-esteem pada siswa-siswa di SMP negeri 2 Bengalon Kabupaten Kutai Timur. Hal ini menunjukkan ada banyak faktor lain yang memengaruhiself-esteem siswa, seperti kemampuan menyesuaikan diri; adanya dukungan (support) dari keluarga, guru, teman sekelas (classmates), dan rekan-rekan (peers); adanya konflik dalam keluarga dan prestasi di sekolah. Kata kunci : Pola asuh orangtua, self esteem, siswa SMP

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS. IKJ. 14-16 Zul h
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orangtua, self esteem, siswa SMP
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
R Medicine > RC Internal medicine > RC475-489 Therapeutics. Psychotherapy
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran Jiwa
Creators:
CreatorsNIM
Andi ZulkifliUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSasanti Juniar, dr., SpKJ (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 07 May 2017 16:24
Last Modified: 07 May 2017 16:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57160
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item