PENGARUH INFEKSI BAKTERI Enterobacter sp. DENGAN INJEKSI INTRAPERITONEAL TERHADAP KELULUSHIDUPAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

GATOT MAHENDRA, 141111004 (2016) PENGARUH INFEKSI BAKTERI Enterobacter sp. DENGAN INJEKSI INTRAPERITONEAL TERHADAP KELULUSHIDUPAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PK BP 114 -16 Mah p-Abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
PK BP 114 -16 Mah p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bakteri Enterobacter sp. diketahui memiliki berbagai aktivitas enzim salah satunya adalah aktivitas proteolitik. Bakteri Enterobacter sp. juga diketahui bertindak sebagai patogen oportunistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh injeksi bakteri Enterobacter sp. terhadap kelulushidupan ikan. Penelitian ini dilakukan dengan metode rancangan acak lengkap (RAL) sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah menyuntikkan bakteri secara intra peritoneal dengan konsentrasi yang berbeda, yaitu kontrol (tanpa perlakuan), 108 sel/ml, 107 sel/ml, 106 sel/ml dan NaCl 0,9%, masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Parameter utama yang diamati adalah survival rate (SR) atau derajat kelangsungan hidup dari ikan uji (O. niloticus) dan pengamatan secara gejala klinis yaitu keaktifan mencari makan, pembengkakan atau pendarahan pada kulit dan insang serta tingkah laku ikan selama pemeliharaan. Parameter penunjang yang diamati adalah kualitas air meliputi suhu, pH dan salinitas yang telah ditetapkan terhadap hasil penelitian. Analisis data pengamatan gejala klinis ikan uji menggunakan menggunakan metode deskriptif dan Analisis Ragam Varian (ANOVA) pada survival rate (derajat kelangsungan hidup. Uji lebih lanjut untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa infeksi bakteri Enterobacter sp. dengan injeksi intraperitoneal berpengaruh terhadap kelulushidupan ikan nila (Oreochromis niloticus). Nilai SR terendah pada perlakuan konsentrasi 108 sel/ml yaitu 53,3% dan nilai SR tertinggi pada konsentrasi 106 sel/ml yaitu 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 114-16 Mah p
Uncontrolled Keywords: Bacteria Infections Enterobacter sp.,Injected Intraperitoneally,Tilapia (Oreochromis niloticus).
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
GATOT MAHENDRA, 141111004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJuni Triastuti, Dr. Rr., S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorSapto Andriyono, S.Pi., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 07 May 2017 18:00
Last Modified: 07 May 2017 18:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57174
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item