PENGARUH LAMA WAKTU PENGUKUSAN TERIPANG (Paracaudina sp.) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN KIMIA TEPUNG TERIPANG

KRISTIAN WIDI A, 141211132004 (2016) PENGARUH LAMA WAKTU PENGUKUSAN TERIPANG (Paracaudina sp.) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN KIMIA TEPUNG TERIPANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK PK BP 124-16 Kri p.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT PK BP 124-16 Kri p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanfaatan teripang dalam bidang pangan tergolong rendah, namun teripang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti kadar air 27,1%, kadar abu 27,6%, kadar lemak 2,2% dan protein 43,1%. Perlu adanya diversifikasi dengan cara diolah menjadi tepung teripang sehingga dapat dijadikan olahan produk seperti biskuit dan brownis untuk meningkatkan nilai jual dan kandungan nutrisi produk. Pembuatan tepung teripang menggunakan metode freeze dry membutuhkan biaya yang tinggi serta waktu pengeringan yang lama. Nilai nutrisi tepung teripang menggunakan metode freeze dry yaitu kadar air 9,13%, kadar abu 15,52%, lemak 3,68%, dan protein 61,31%. Perlu metode yang lebih murah, mudah, dan bisa menghasilkan kualitas yang hampir sama dengan penggunaan metode freeze dry. Pembuatan tepung teripang menggunakan metode pembuatan tepung ikan dengan proses pengukusan, pengovenan dan penggilingan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lama waktu pengukusan serta lama waktu pengukusan yang tepat terhadap karakteristik fisik dan kimia tepung teripang. Pengujian fisik yaitu rendemen, daya serap air, kelarutan, uji organoleptik rasa, aroma, warna, dan tekstur. Pengujian kimia yaitu uji kadar air, kadar abu, kadar lemak, dan kadar protein. Penelitian ini bersifat eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari tiga perlakuan dan enam ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah pengukusan teripang menggunakan lama waktu 30 menit, 45 menit, dan 60 menit. Analisis data menggunakan ANOVA (Analysis of Var iance) dan analisis data organoleptik menggunakan Kruskal Wallis. Penelitian pembuatan tepung teripang menggunakan perlakuan lama waktu pengukusan yang berbeda menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata pada setiap perlakuannya. Waktu pengukusan yang paling singkat memberikan hasil yang tidak berbeda dengan waktu pengukusan yang paling lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 124/16 Kri p
Uncontrolled Keywords: Teripang (Paracaudina sp.)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
KRISTIAN WIDI A, 141211132004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarno, Ir., M.Kes., Muhammad Arief. Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 09 May 2017 17:35
Last Modified: 09 May 2017 17:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57310
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item