PENGARUH PERLAKUAN LASERPUNKTUR TERHADAP KONSUMSI, KONVERSI PAKAN DAN KUALITAS KARKAS AYAM PEDAGING

HENY WIDYAWATI, NIM.: 069011697 (1995) PENGARUH PERLAKUAN LASERPUNKTUR TERHADAP KONSUMSI, KONVERSI PAKAN DAN KUALITAS KARKAS AYAM PEDAGING. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK KH 989_96 Wid p.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi, konversi pakan, dan kualitas karkas ayam pedaging setelah mendapat perlakuan laserpunktur pada titik Hu Men, Bei Ji dan Gou Hou. Hewan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayam tipe pedaging strain Hubbard berumur satu hari sebanyak 40 ekor. Selama penelitian ayam tersebut diberikan pakan komersial 511 (starter) dan 512 (finisher) . Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua kelompok perlakuan dengan 20 ulangan. Kelompok pertama adalah kelompok kontrol (tanpa perlakuan laserpunktur) dan kelompok kedua adalah kelompok perlakuan (dengan perlakuan laserpunktur) . Perlakuan diberikan setiap minggu mulai minggu awal (ayam umur tujuh hari) hingga minggu ke enam. Frekuensi penyinaran 10 Hertz dan kekuatan output 2 mW. Penyinaran dilakukan pada sisi dexter dan sinister tubuh ayam selama 5 detik. Parameter yang diambil untuk kualitas karkas adalah pemeriksaan secara obyektif di laboratorium yang meliputi pemeriksaan pH, kadar protein, lemak dan serat kasar karkas, serta pemeriksaan secara subyektif / organoleptik dengan pengamatan pada rupa, tekstur, rasa, bau, warna dan konsistensi daging. Analisis data menggunakan uji t untuk membedakan dua kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perlakuan laserpunktur didapatkan perbedaan yang sangat nyata pada pertambahan berat badan (p<O,O1), tidak menunjukkan perbedaan yang nyata (p>O,05) pada konsumsi pakan dan kualitas karkas, tetapi terdapat perbedaan yang sangat nyata (p<O,OI) antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan terhadap konversi pakannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 989/96 Wid p
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
HENY WIDYAWATI, NIM.: 069011697UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantHj. Sorini Soehartojo, Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 11 May 2017 18:10
Last Modified: 11 May 2017 18:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57316
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item