PROSES PRODUKSI BIOETANOL SKALA LABORATORIUM DARI MIKROALGA Porphyridium cruentum DI PUSAT PENELITIAN BIOTEKNOLOGI LIPI, CIBINONG, BOGOR

AYUNANI SULAIMAN PUTRI, 141311133016 (2016) PROSES PRODUKSI BIOETANOL SKALA LABORATORIUM DARI MIKROALGA Porphyridium cruentum DI PUSAT PENELITIAN BIOTEKNOLOGI LIPI, CIBINONG, BOGOR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PKL PK BP 125-16 Put p-Abstrak.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
PKL PK BP 125-16 Put p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanfaatan mikroalga untuk biofuel saat ini cenderung terfokus pada produksi biodiesel dari mikroalga, padahal mikroalga juga mampu menghasilkan biofuel lain seperti bioetanol. Hal ini disebabkan adanya kandungan karbohidrat pada mikroalga yang dapat dikonversi menjadi glukosa dan difermentasi menjadi alkohol. Berdasarkan hal tersebut maka kegiatan Praktek Kerja Lapang mengenai produksi bietanol dari mikroalga di Departemen Bioteknologi LIPI Cibinong ini perlu dilakukan. Tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Lapang adalah untuk mengetahui proses produksi bioetanol skala laboratorium dari mikroalga Porpyridium cruentum di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Cibinong. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Departemen Bioteknologi, Komplek CSC-LIPI, Jalan Raya Bogor Km. 46, Cibinong, Jawa Barat. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif dan studi pustaka. Proses produksi Bioetanol dimulai dari Penyediaan biomassa mikroalga Porpyridium cruentum dengan cara kultivasi mikroalga menggunakan media Johnson, Pemanenan mikroalga Porpyridium cruentum dengan menggunakan teknik sentrifugasi. Kemudian dilakukan hidrolisis secara asam dengan menggunakan katalis HNO3 dan dilanjutkan dengan fermentasi hasil hidrolisis (hidrolisat) dengan menggunakan starter Saccharomyces cerevisiae. Dengan dilakukannya Praktek Kerja Lapang ini, diharapkan dapat menambah wawasan mengenai produksi bioetanol pada mikroalga serta membandingkan dasar teori yang telah dipelajari dengan penerapan yang ada di lapangan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 125-16 Put p
Uncontrolled Keywords: Bioethanol, Laboratory Scale, Microalgae Porphyridium cruentum
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
AYUNANI SULAIMAN PUTRI, 141311133016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKismiyati, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 22 May 2017 22:01
Last Modified: 22 May 2017 22:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item