PERAN JUMLAH FASILITAS LAYANAN TKHIV UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH KASUS HIV YANG DILAPORKAN DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN GENERALIZED POISSON (GP), NEGATIVE BINOMIAL (NB), ZERO-INFLATED GENERALIZED POISSON (ZIGP) DAN ZERO-INFLATED NEGATIVE BINOMIAL (ZINB)

DIAN AFIF ARIFAH, NIM01414153040 (2016) PERAN JUMLAH FASILITAS LAYANAN TKHIV UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH KASUS HIV YANG DILAPORKAN DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN GENERALIZED POISSON (GP), NEGATIVE BINOMIAL (NB), ZERO-INFLATED GENERALIZED POISSON (ZIGP) DAN ZERO-INFLATED NEGATIVE BINOMIAL (ZINB). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK TKM 37-16 Ari p.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT TKM 37-16 Ari p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

regresi data cacah paling sederhana yang telah banyak digunakan. Namun, penggunaan yang tidak tepat pada asumsi distribusi poisson, bisa menyebabkan underestimasi pada standar eror dan nilai signifikansi menjadi bias. Masalah ini sering terjadi pada data aktual yang mengalami overdispersi dan zero inflation. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model terbaik yang diterapkan pada data cacah yaitu jumlah kasus HIV yang dilaporkan berdasarkan jumlah fasilitas TKHIV. Pendekatan yang digunakan adalah Generalized Poisson (GP), Negatif Binomial (NB), Zero-inflatd Generalized Poisson (ZIGP) dan Zero-inflated Negatif Binomial (ZINB) . Data diteliti secara observasional menggunakan desain cross sectional dan melibatkan 320 kabupaten/kota sebagai unit sampel yang dipilih secara acak. Berdasarkan Akaike Information Criteria (AIC), regresi ZINB terpilih sebagai model terbaik yang memberikan nilai AIC terkecil dibandingkan tiga model lainnya. Hasil dari pemodelan ini menunjukkan bahwa KTS (Pvalue = 0,000), PPIA (Pvalue = 0,003), TBHIV (Pvalue = 0,000) dan IMS (Pvalue = 0,003) yang terpilih sebagai variabel prediktor yang secara signifikan berhubungan dengan jumlah kasus HIV yang dilaporkan. Log-likelihood Ratio Test (LRT) pada ingkat kepercayaan 95% dan satu derajat bebas menunjukkan bahwa model secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan model null, yaitu, model dengan intercept saja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM.37/16 Ari p
Uncontrolled Keywords: HIV, TKHIV, Regresi data cacah, Generalized poisson, Negative Binomial, Zero-inflated Generalized Poisson, Zero-inflated Negative Binomial
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DIAN AFIF ARIFAH, NIM01414153040NIM01414153040
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKuntoro, Prof. , dr., MPH., Dr.PHUNSPECIFIED
Thesis advisorArief Wibowo, Dr. , dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 25 May 2017 20:41
Last Modified: 25 May 2017 20:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57675
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item