PENERAPAN SANITATION STANDARD OPERATING PROCEDURE (SSOP) PADA PRODUKSI WHOLE ROUND IKAN LAYUR (Trichiurus sp.) di PT. ALAM JAYA, SURABAYA, JAWA TIMUR

HERA PRAMESTI, 141311133124 (2016) PENERAPAN SANITATION STANDARD OPERATING PROCEDURE (SSOP) PADA PRODUKSI WHOLE ROUND IKAN LAYUR (Trichiurus sp.) di PT. ALAM JAYA, SURABAYA, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PKL.PK.BP 147-16 Pra p ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP 147-16 Pra p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Unit pengolahan hasil perikanan harus mempunyai manajemen yang baik untuk menjamin mutu produk yang dihasilkan. Pengawasan dan pengendalian mutu harus dilakukan sejak awal proses produksi hingga proses distribusi kepada konsumen untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan jaminan keamanan produk, mencegah banyaknya produk yang rusak dan mencegah pemborosan biaya akibat kerugian yang ditimbulkan. Dalam proses pengolahan hasil perikanan tidak lepas dari proses SSOP. Sistem SSOP termasuk ke dalam pemenuhan program persyaratan dasar sistem HACCP. Pemenuhan ini berfungsi untuk melandasi kondisi lingkungan, pelaksanaan tugas, dan kegiatan lain dalam suatu unit pengolahan atau industri pangan yang diperlukan untuk memastikan bahwa proses produksi yang aman telah dilaksanakan. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Alam Jaya, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur pada tanggal 18 Januari – 13 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan partisipasi aktif. Beberapa prinsip penerapan SSOP di PT. Alam Jaya sudah berjalan dengan baik, namun adapun beberapa prinsip yang masih belum terlalu diperhatikan salah satunya kebersihan pegawai dan pengendalian hama yang masih rendah. Kurangnya pemahaman akan sanitasi dan higiene pada pegawai menyebabkan kontaminasi silang ke produk. Kontrol lingkungan yang kurang dapat menyebabkan adanya hama pada perusahaan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP 147/16
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
T Technology > TS Manufactures > TS1950-1982 Animal products
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
HERA PRAMESTI, 141311133124UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dewi Masithah, Dr., Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 30 May 2017 21:04
Last Modified: 30 May 2017 21:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57848
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item