TEGUH BUDI KARYANTO, 049510227M
(1997)
ANALISIS FAKTOR -FAKTOR YANG MENENTUKAN PERILAKU KONSUMEN
DALAM MENABUNG DI BANK UNIVERSAL CABANG SURABAYA.
Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Paket Kebijaksanaan 28 Oktober 1988 (Pakto 88) telah mengakibatkan peningkatan jumlah bank demiklan juga dengan dana masyarakat yang dapat dihimpun oleh perbankan naslonal. Sejalan dengan meningkatnya jumlah bank dan dana masyarakat, maka dilkuti pula meningkatnya produk-produk perbankan yang varlatif.
Keadaan demikian mengundang daya tarik tersendiri bagi konsumen (nasabah) atas produk-produk perbankan tersebut, karena adanya iming-imlng hadlah yang diberikan oleh seJumlah bank, khususnya nasabah penabung; sehingga menyebabkan para nasabah penabung relatlf tidak loyal terhadap bank.
Penelitian Ini berusaha menemukan faktor-faktor yang menentukan pemilihan nasabah menabung di Bank Universal. Selaln ltu penelitlan bermaksud menguji hipotesis apakah karakteristik nasabah penabung yang berbedabeda akan berbeda pula dalam menentukan pilihan menabungnya.
Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa ada dua faktor yang menentukan pilihan menabung nasabah Bank Universal, yaitu faktor Citra dan Progreslvltas Blsnls. Terbuktl dalam penelitian Ini bahwa karakterlstik usia, Jenis pekerjaan dan cara mengenal bank yang berbeda-beda, secara signifikan berbeda pula keputusan pilihan menabungnya. Sebaliknya karakteristik pendidikan, status perkawinan, dan tingkat penghasilan nasabah yang bervarlasi, tidak berbeda secara signiftkan.
Berdasarkan temuan-temuan tersebut penelitian in! mengajukan saran kepada pihak bank, khususnya Bank Universal, hendaknya memperhatikan dan rnenlngkatkan faktar citra dan progreslvitas bisnis banknya. Selain itu dalam memilih segmen pasar dan menentukan bauran pemasaran hendaknya berorientasi pada citra dan progresivitas bisnis.
Actions (login required)
|
View Item |