PENGARUH PEMBERIAN CAIRAN FOLIKEL OVARIUM KAMBING DAN SAPI TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT BADAN, KONSUMSI DAN KONVERSI PAKAN ITIK MOJOSARI JANTAN

SUPRAPTO, 069512230 (2000) PENGARUH PEMBERIAN CAIRAN FOLIKEL OVARIUM KAMBING DAN SAPI TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT BADAN, KONSUMSI DAN KONVERSI PAKAN ITIK MOJOSARI JANTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 06.02 sup p.pdf

Download (618kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian cairan folikel kambing dan sapi terhadap peningkatan berat badan, konsumsi dan konversi pakan hik Mojosari jantan. Selain itu juga untuk mengetahui dosis cairan folikel kambing maupun cairan folikel sapi yang mampu merangsang penambaban berat badan, konsumsi dan konversi pakan itik Mojosari jantan. He\van percobaan yang digunakan adalah itik Mojosari jantan sebanyak 45 ekor yang dibagi dalam 9 kelompok. 4 kelompok untuk perlakuan pemberian cairan folikel kambing dan 4 kelompok untuk perlakuan pemberian cairan folikel sapi, sena 1 kelompok kontrol sebagai pembanding keduanya. Rancangan percobaan yang digunakan adalab Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 5 perlakuan dengan 5 ulangan, anal isis data digunakan uji Anava dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) 5%. Ovarium kambing dan sapi diperoleh dari Rumab Potong Hewan Pegirian, Kotamadya Surabaya. Cairan folikel yang diambil dari ovarium selanjutnya difiltrasi dengan millipore. Perlakuan diberikan 3 hari sekali secam intramuskuler dengan dosis 0,00 ml untuk PK; 0,05 ml untuk PKbI dan PSpl; 0,10 ml untuk PKb2 dan PSp2; 0,15 ml untuk PKb3 dan PSp3 dan 0,20 ml untuk PKb4 dan PSp4. Pengamatan yang dilakukan meliputi peningkatan berat hadan, ktlllS'.lIllsi dan kooversi pakan. Hasil yang didapatkan pacta penelitian ini adalah pacta perlakuan pemberian caitan folikel kambing berpengaruh nyam (P<O,05) terbadap konversi pakan, sedang pertambahan herat badan dan konsumsi pakan tidak terdapat perbedaan yang nyata (P>O,05). Perlakuan pernberian cairan fotikel sapi terdapat perbedaan nyata (P<O,05) terhadap pertambahan berat badan, sedangkan konsumsi dan konversi pakan tidak berbeda nyata (P>O,05). Berdasarkan hasil secara keseluruhan bahwa caira.T1 folikel !carobing dosis 0,05 mt berpengaruh nyata terhadap penurunan angk8 konversi pakan, sedangkan cairan tillikel sapi dosis 0,05 ml dan 0,10 ml berpengaruh nyata terhadap pertambahan berat badan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KH 06.02 Sup p FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Folikel Ovarium, Mammals
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QL Zoology > QL700-739.8 Mammals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
SUPRAPTO, 069512230UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBUDI UTOMO, Drh.,M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorNUNUK DYAH RETNO L., Drh.,M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 06 Jul 2017 17:35
Last Modified: 06 Jul 2017 17:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58178
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item