TANGGUNG GUGAT BANK PADA PERJANJIAN SAFE DEPOSIT BOX

FRANCISKA MIFANYIRA SUTIKNO, 031311133118 (2016) TANGGUNG GUGAT BANK PADA PERJANJIAN SAFE DEPOSIT BOX. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FH. 42-17 Sut t abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FH. 42-17 Sut t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hak Milik adalah hak setiap orang untuk mempertahankan keamanan barang-barang pribadinya. Dalam usaha untuk mempertahankan hak miliknya, masyarakat mempercayakan lembaga atau badan usaha yang mempunyai kapasitas atas jasa perlindungan barang milik pribadi. Bank adalah salah satu badan usaha yang dipercaya masyarakat untuk membantu nasabah menyimpan barang-barang nasabah secara aman dalam Jasa Safe Deposit Box. Dasar dari jasa Safe Deposit Box adalah Perjanjian Sewa-Menyewa box penyimpan dan pengaman barang nasabah oleh bank dan nasabah dengan perjanjian baku dan klausula baku yang telah ditetapkan bank. Klausula – klausula baku tersebut membawa hak dan kewajiban serta batas pertanggungjawaban bank atas hilangnya barang nasabah selama pelaksanaan perjanjian. Adanya posisi nasabah sebagai pribadi sekaligus konsumen, serta posisi bank sebagai badan usaha dan pelaku usaha membuat Perjanjian Safe Deposit Box memberikan implikasi hukum terhadap perlindungan nasabah dan bank dalam penerbitan, pelaksanaan, dan pemprosesan sengketa hukum yang terjadi dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen, Peraturan Bank Indonesia tentang Mediasi Perbankan, ataupun dengan pemprosesan sengketa melalui pengadilan melalui Jalur Perdata dan atau Pidana. Kata kunci : Nasabah, bank, Perjanjian, Klausula Baku, Safe Deposit Box, Perlindungan Konsumen, Mediasi Perbankan, tanggungjawab, tanggung gugat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 42-17 Sut t
Uncontrolled Keywords: Nasabah, bank, Perjanjian, Klausula Baku, Safe Deposit Box, Perlindungan Konsumen, Mediasi Perbankan, tanggungjawab, tanggung gugat.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1660 Bank accounts. Bank deposits. Deposit banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
FRANCISKA MIFANYIRA SUTIKNO, 031311133118UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYuniati, S.H.,LL.MUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 05 Jul 2017 17:35
Last Modified: 05 Jul 2017 17:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58412
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item