Peran Komitmen dalam Pemasaran Relasional untuk Konteks Hubungan B2C

Tanti Handriana, Dr., SE., M.Si. (2015) Peran Komitmen dalam Pemasaran Relasional untuk Konteks Hubungan B2C. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 22 (2). pp. 97-112. ISSN 1412-3126

[img]
Preview
Text (Artikel)
Tanti Handriana_Karya Ilmiah 014.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (Peer Review)
Tanti Handriana_Peer Review 014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
Official URL: http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/issue/...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan konsep pemasaran relasional pada organisasi nonlaba, yaitu organisasi pengelola filantropi, dengan difokuskan pada peran dari konstruk komitmen relasional sebagai variabel mediatornya. Riset ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel manfaat nonmaterial, kedekatan geografis, dan kedekatan sosial pada komitmen relasional, serta menganalisis pengaruh komitmen relasional pada kerjasama donatur dengan organisasi pengelola filantropi. Studi dilakukan pada 412 donatur. Hasil dari penyebaran kuesioner diolah dengan teknik analisis SEM dengan menggunakan software AMOS 4. Dari 4 hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, sebanyak 3 hipotesis terdukung, yakni H1, H3, dan H4. Sementara itu, untuk H2 tidak terdukung. Dengan demikian, temuan penelitian ini mendukung teori pertukaran sosial (Thibaut dan Kelley, 1959; Blau, 1964; Homans, 1968), dan mendukung kosep relationship marketing (Morgan dan Hunt, 1994). Konsep tersebut mendudukan variabel kepercayaan dan komitmen relasional sebagai variabel yang berperan sentral dalam suatu hubungan yang terjalin di antara individu dan organisasi. Adapun simpulan holistik penelitian ini bahwa model penelitian ini didukung secara empiris karena kedua variabel kriterion bisa dijelaskan oleh variabel-variabel antesendennya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemasaran relasional, komitmen relasional, manfaat nonmaterial, organisasi non laba.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM481-554 Theory. Method. Relations to other subjects
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Tanti Handriana, Dr., SE., M.Si.handriana_tanti@yahoo.com
Depositing User: Ny Etika Feri W.
Date Deposited: 30 Jul 2017 15:49
Last Modified: 30 Jul 2017 15:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58487
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item